Pari Elektrik Jenis Gres Ditemukan Di Bali



Pari elektrik (electric ray) yaitu ikan bertulang rawan dengan sirip pektoral yang membulat serta bisa menghasilkan listrik 8 - 220 volt. Pari elektrik ini masuk dalam Famili Narcinidae. Salah satu genus dari famili tersebut telah ditemukan jenis barunya yakni genus Narcine. Genus tersebut mempunyai ciri bagian punggung dengan referensi warna yang unik dengan warna background coklat cerah serta bentuk tubuhnya membulat.

Kabar baik dari Biologi Kelautan di Indonesia yaitu penemun spesies gres dari genus tersebut yang diberi nama Narcine baliensis. Holotipe dari spesies tersebut ditemukan di perairan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok dengan koordinat 8°37' S, 115°59' E, di kedalaman 60–63 m. 

Narcine baliensisis dibedakan dengan N. brevilabiata dan N. atzi karena mempunyai ciri pembeda yakni bintik besar kecoklatan atau bercak berukuran kecil dengan aneka macam bentuk menyerupai melingkar, lingkaran telur, atau memanjang pada bab punggungnya (Gambar 1 dan 2). Jenis gres ini juga mempunyai gigi bab atas dan bawah yang bentukn sama yakni melingkar (Gambar 3).

Gambar 1. Narcine baliensis jantan. (A) tampak dorsal, (B) tampak ventral.

Gambar 2. Narcine baliensis betina. (A) tampak dorsal, (B) tampak ventral.


Meskipun holotipe spesies tersebut dari Bali, namun distribusi dari spesies gres ini juga ditemukan paratipenya di daerah lain yakni di Cilacap, Jawa Tengah dan juga ditemukan di Pulau Komodo yang nampak sebagai foto pembuka artikel ini. Diduga spesies ini distribusinya ada di Laut Jawa sampai Kepulauan Nusa Tenggara.

Gambar 3. Morfologi gigi Narcine baliensis.

Sistematika Narcine baliensis

Kingdom        : Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Chondrichthyes
Subkelas        : Elasmobranchii
Super-ordo: Batoidea
Ordo: Torpediniformes
Famili: Narcinidae
Subfamili : Narcininae
Genus: Narcine
Spesies        : Narcine baliensis


Referensi:
Marcelo R. De Carvalho & William  T. White. 2016. Narcine baliensis, a new species of electric ray from southeast Asia (Chondrichthyes: Torpediniformes). Zootaxa4127 (1): 149–160.