Pohon Pinang Jenis Gres Diberi Nama Ilmiah Areca Jokowi



Sebuah inovasi ilmiah yang telah dipublikasikan oleh Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Papua, Charlie D. Heatubun, menemukan spesies gres berupa pohon pinang dari Papua Barat. Pohon pinang tersebut ditemukan pada ketika ekspedisi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian lingkungan hidup Universitas Papua dan Ekspedisi NKRI. 

Pohon pinang jenis gres tersebut diberi nama ilimiah Areca jokowi. Pemberian nama penunjuk spesies "jokowi" yaitu sebuah penghormatan author kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah peduli terhadap pembangunan di Papua.

Pinang Jokowi (Areca jokowi) tersebut merupakan spesies gres ketiga yang telah ditemukan di Papua Barat. Sebelumnya jenis pinang yang telah ditemukan di Papua Barat yakni Areca mandacanii (2008) dan Areca unipa (2013). Tiga inovasi beruntun tersebut terjadi sehabis lebih dari 260 tahun yang kemudian yang ditemukan oleh Linneaus, yakni Areca catechu (1753).

Pohon Pinang Jokowi mempunyai korelasi paling erat dengan Areca catechu. Hal yang membedakan Areca joko widodo dengan A. catechu, A. mandacanii dan A. unipa adalah bentuk susunan bunga beragam atau perbungaan dari Pinang Jokowi tersebut mempunyai sampai empat cabang (Gambar 1).

Gambar 1. Susunan perbungan Pinang di Papua Barat.

Selain dari susunan perbungaannya, Pinang Jokowi mempunyai bunga berwarna putih yang kontras. Diameter batang Pinang Jokowi mempunyai diamter 7 - 8 cm, cukup langsing dibandingkan dengan A. catechu dengan diameter 10 - 15 cm. Adapun gambar lengkap morfologi Pinang Jokowi sanggup dilihat di Gambar 2.

Gambar 2. Morfologi Areca jokowi. (A) Bentuk pohon;
(B) Daun dan Susunan Perbungaan dengan perbandingan orang;
(C) Susunan perbungaan; (D) Bentuk bunga; (E) Buah.


Referensi
Charlie D. Heatubun. 2016. Areca jokowi: A New Species of Betel Nut Palm (Arecaceae) from Western New Guinea. Phytotaxa 288 (2): 175–180. http://dx.doi.org/10.11646/phytotaxa.288.2.8