Pengertian Dan Rumus Gaya Gerak Listrik (Ggl) Induksi Berdasarkan Percobaan Dan Suara Aturan Faraday

Berikut ini merupakan pembahasan wacana pengertian ggl induksi, gaya gerak listrik induksi, percobaan faraday, aturan faraday, pengertian gaya gerak listrik faraday, rumus ggl induksi, suara aturan faraday, rujukan soal ggl induksi, aturan faraday 1, aturan induksi faraday.

Percobaan Faraday

Agar sanggup memahami bagaimana terjadinya induksi elektromagnetik, mari kita lakukan percobaan Faraday pada acara berikut!

Prosedur kerja:

1. Hubungkan ujung-ujung kumparan dengan galvanometer.

2. Gerakkan kutub utara magnet batang ke dalam kumparan (a). Amatilah jarum galvanometer.

3. Diamkan magnet batang beberapa dikala di dalam kumparan (b). Amatilah jarum galvanometer.

4. Keluarkan kutub utara magnet batang dari kumparan (c). Amatilah jarum galvanometer.

5. Ulangi langkah 2 hingga langkah 4 dengan mengganti kutub utara dengan kutub selatan. Amatilah gerakan jarum galvanometer.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana pengertian ggl induksi Pengertian dan Rumus Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi berdasarkan Percobaan dan Bunyi Hukum Faraday
Gambar: Percobaan Faraday

Dari Kegiatan di atas kau sanggup mengamati bahwa ketika kau menggerakkan kutub utara magnet batang ke dalam kumparan, jarum galvanometer menyimpang.

Akan tetapi ketika kau mendiamkan magnet batang beberapa saat, jarum galvanometer kembali menunjuk ke angka nol atau tidak menyimpang.

Jarum galvanometer kembali menyimpang ketika kau menggerakkan kutub utara magnet batang keluar dari kumparan yang berlawanan arah dengan ketika kau menggerakkan kutub utara magnet batang ke dalam kumparan.

Pengertian GGL Induksi

Saat kau mengganti kutub utara dengan kutub selatan magnet kemudian digerakkan masuk ke dalam kumparan, maka jarum galvanometer menyimpang dengan arah yang sama ketika kau mengeluarkan kutub utara magnet batang keluar kumparan.

Apa yang mengakibatkan jarum galvanometer menyimpang?

Jarum galvanometer menyimpang lantaran adanya arus listrik yang mengalir dalam kumparan. Arus listrik ini mengalir lantaran timbulnya beda potensial di ujung kumparan dikala kau menggerakkan kutub magnet batang masuk atau keluar dari kumparan.
Beda potensial yang disebabkan oleh perubahan jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan dinamakan gaya gerak listrik induksi atau ggl induksi.
Apakah penyebab timbulnya ggl induksi? Perhatikan Gambar!
Berikut ini merupakan pembahasan wacana pengertian ggl induksi Pengertian dan Rumus Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi berdasarkan Percobaan dan Bunyi Hukum Faraday
Gambar: Garis gaya magnetik akan bertambah kalau magnet batang digerakkan mendekati kumparan.

Ggl induksi timbul ketika magnet batang digerakkan masuk atau keluar kumparan. Ketika magnet batang digerakkan mendekati kumparan, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan bertambah.

Sebaliknya, ketika magnet batang dijauhkan dari kumparan, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan akan berkurang. Jika magnet batang terus-menerus digerakkan masuk dan keluar kumparan, jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan terus berubah.

Perubahan jumlah garis gaya magnetik yang menembus kumparan mengakibatkan beda potensial di ujung-ujung kumparan berbeda pula. Timbulnya beda potensial di ujungujung kumparan mengakibatkan arus listrik mengalir di dalam kumparan.

Arus listrik yang disebabkan oleh perubahan jumlah garis gaya magnetik yang memotong kumparan dinamakan arus induksi.

Rumus GGL Induksi

Besarnya gaya gerak listrik atau tegangan yang mengakibatkan arus listrik pada percobaan Faraday sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang melalui kumparan. Kesimpulan tersebut kalau dituliskan secara matematis ialah sebagai berikut.


Keterangan:
N = jumlah lilitan
D= fluks magnetik (Weber atau Wb)
Dt = perubahan waktu/selang waktu (sekon)
Ei = ggl induksi (volt)

Contoh Soal GGL Induksi

Sebuah kumparan dengan 3.000 lilitan, terjadi perubahan fluks magnetik 1.500 Wb selama selang waktu 2 sekon. Hitunglah besar ggl induksinya!

Jawab:
N = 3.000
ΔΦ = 1.500 Wb
Δt = 2 sekon

Ei = .... ?
Ei = -3.000 (1.500:2)
     = 2,25 x 106

Makara di dalam kumparan tersebut timbul ggl induksi sebesar 2,25 × 106 volt (tanda – mengatakan arah ggl).

Tanda negatif mengatakan arah gaya gerak listrik (ggl) Nah, apa yang terjadi ketika jumlah lilitan dalam kumparan ditambah?

Jika jumlah lilitan dalam kumparan diperbanyak, jarum galvanometer akan menyimpang lebih jauh. Hal ini mengatakan bahwa arus listrik induksi yang mengalir melalui kumparan meningkat dan ggl induksi bertambah besar.

Selain dengan memperbanyak jumlah lilitan, ggl induksi sanggup bertambah lebih besar kalau kecepatan magnet yang memasuki kumparan dipercepat.

Faktor yang Mempengaruhi GGL Induksi

Jadi, besar kecilnya ggl induksi bergantung pada tiga faktor berikut.

1. Banyaknya lilitan kumparan.

2. Kecepatan gerak keluar-masuk magnet ke dalam kumparan.

3. Kuat magnet batang yang digunakan.

Dari Kegiatan percobaan Faraday di atas, kau sanggup mengamati bahwa jarum galvanometer menyimpang ke kanan ketika kau menggerakkan kutub utara magnet batang memasuki kumparan, dan jarum galvanometer menyimpang ke kiri ketika kau menggerakkan kutub utara magnet batang keluar kumparan.

Jika kau terus menggerakkan magnet batang keluar-masuk kumparan, jarum galvanometer akan menyimpang ke kanan dan ke kiri secara berulang.

Hal ini pertanda bahwa arus listrik dalam kumparan mengalir dalam dua arah, arus listrik ibarat ini dinamakan arus listrik bolak-balik atau arus AC (Alternating Current).

Sama halnya ibarat arus listrik yang berubah-ubah, polaritas tegangan pada ujung-ujung kumparan pun ikut berubah-ubah. Tegangan yang polaritasnya selalu berubah-ubah dinamakan tegangan listrik bolak-balik.