Pengertian Pelapukan, Teladan Dan Macam-Macam Jenis Pelapukan

Berikut ini merupakan pembahasan perihal salah satu jenis tenaga eksogen yaitu pelapukan yang mencakup pengertian pelapukan, rujukan pelapukan, macam macam pelapukan, jenis jenis pelapukan, pelapukan kimia, pelapukan fisika dan pelapukan biologi.

Pengertian Pelapukan

Pelapukan merupakan proses alami hancurnya batuan tertentu menjadi banyak sekali jenis tanah. Proses pelapukan tergantung kepada beberapa sebab, contohnya susunan dan materi pembentuk batuan, temperatur dan cuaca di sekitar batuan, serta kelebatan flora yang ada di sekitar batuan.
Pelapukan adalah proses alterasi dan fragsinasi batuan dan material tanah pada dan/atau bersahabat permukaan bumi yang disebabkan lantaran proses fisik, kimia dan biologi. Hasil dari pelapukan ini merupakan asal (source) dari batuan sedimen dan tanah (soil).

Macam-macam Jenis Pelapukan

Berdasarkan penyebabnya, proses pelapukan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pelapukan kimia, fisika, dan biologi.

1. Pelapukan Kimia

Pelapukan kimia yaitu pelapukan yang terjadi lantaran reaksi kimia yang mengakibatkan hancurnya batuan.
Pelapukan jenis ini sanggup terjadi dengan cepat di kawasan yang sangat panas atau sangat dingin. Peristiwa pelapukan kimia sanggup terjadi lantaran batuan bereaksi dengan materi kimia tertentu, contohnya batuan gampin yang melapuk lantaran terkena air.

2. Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika yaitu proses hancurnya batuan lantaran proses fisika pada batuan tersebut. Pelapukan jenis ini biasanya tidak akan mengubah sifat dasar dan komposisi batuan yang mengalaminya. 
Pelapukan fisika biasanya terjadi lantaran temperatur di sekitar batuan selalu berubah-ubah secara cepat. Peristiwa pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran batuan mengalami perubahan mekanik.

Misalnya sebuah kerikil pada siang hari memuai lantaran panas matahari dan pada malam hari mengerut lantaran udara dingin.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal salah satu jenis tenaga eksogen yaitu pelapukan y Pengertian Pelapukan, Contoh dan Macam-macam Jenis Pelapukan
Gambar: Pelapukan Biologi

3. Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi adalah proses hancurnya batuan lantaran acara makhluk hidup. Pelapukan biologi biasanya disertai oleh pelapukan kimia. 
Misalnya batu yang hancur lantaran ditumbuhi lumut, dan tumbuhan lain, atau kerikil yang berlubang lantaran dilubangi semut.