Gangguan Dan Kelainan Serta Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit pada Sistem Reproduksi

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan ihwal beberapa kelainan atau gangguan dan penyakit-penyakit yang terkait dengan sistem reproduksi pada manusia.

AIDS

AIDS ialah penyakit mengerikan yang hingga ketika ini sudah menular ke banyak sekali negara. Penularan AIDS ini gres disadari dalam masa modern ini, sehingga sering disebut pandemi modern. Silahkan Baca AIDS (Gejala, penularan dan pencegahannya) Untuk pembahasan lengkap ihwal AIDS.

Gonorhoea ( Kencing Nanah)

Gonorhoea ialah penyakit infeksi yang menyerang pada alat kelamin (genitalia). Penyaki ini disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit ini ialah rasa sakit dan keluar benjol pada ketika kencing, serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita.

Penyakit ini ditularkan melalui kekerabatan seksual. Bayi juga sanggup tertular penyakit ini melalui proses persalinan. Penyakit ini sanggup mengakibatkan kebuataan pada bayi yang gres lahir.

Sifilis

 Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan ihwal beberapa kelainan atau gangguan dan peny Gangguan dan Kelainan serta Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia
Gambar: Penyakit Sifilis
Sifilis ialah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Treponema pallidum.

Penyakit ini ditularkan melalui kekerabatan seksual atau kekerabatan badaniah yang intim (ciuman), transfusi darah, penularan oleh ibu pada janin melalui plasenta.

Gejala awal penyakit ini ialah borok pada tempat masuknya kuman ke dalam tubuh, biasanya pada kawasan sekitar kelamin.

Penyakit ini sanggup menyebar dan menyerang organ-organ tubuh lainnya, kemudian mengakibatkan kerusakan pada organ tersebut.

Herpes Simplex Genitalis

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex tipe II, yang menyerang kulit di kawasan genitalia luar, anus, dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di kawasan kelamin. Pada kawasan tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh menjadi pecah dan mengakibatkan luka.

Penyakit ini ditularkan melalui kekerabatan seksual dan sanggup pula ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya. Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh sesudah beberapa bulan/tahun.