Pembabakan Atau Pembagian Zaman Prasejarah Menurut Ilmu Geologi

Berikut ini ialah pembahasan wacana Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi, pembagian zaman berdasarkan geologi, zaman prasejarah berdasarkan geologi, zaman mesozoikum, zaman neozoikum, zaman paleozoikum, arkaekum, pembagian zaman berdasarkan ilmu geologi.

Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Geologi atau ilmu bumi yaitu ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan hal ini, terjadinya bumi hingga kini dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut sekaligus merupakan pembabakan prasejarah yang terdiri dari:

a. Zaman Arkaekum

Zaman ini berlangsung kira-kira selama 2.500 juta tahun. Pada dikala itu, kulit bumi masih panas sehingga belum terdapat kehidupan.

b. Zaman Paleozoikum

Zaman ini berlangsung selama 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini ibarat mikro organisme, ikan, amfibi, reptil, dan hewan yang tidak bertulang punggung. Zaman ini sering disebut juga zaman primer. Gambar berikut ini ialah pola makhluk hidup yang hidup pada zaman Paleozoikum.
Berikut ini ialah pembahasan wacana Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi Pembabakan atau Pembagian Zaman Prasejarah Berdasarkan Ilmu Geologi
Gambar: Binatang yang hidup zaman Paleozoikum. (Sumber: www.wikipedia.org)

c. Zaman Mesozoikum

Zaman ini berlangsung kira-kira selama 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan ini, jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Zaman ini sering disebut juga zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan.

Setelah berakhirnya zaman ini, maka muncul kehidupan yang lain, yaitu jenis burung dan hewan menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Adapun jenis reptilnya mengalami kepunahan.

d. Zaman Neozoikum

Zaman ini sering disebut juga zaman hidup gres yang sanggup dibedakan menjadi dua zaman, yaitu:

1) Tersier atau zaman ketiga

Zaman ini berlangsung kira-kira selama 60 juta tahun. Zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis hewan menyusui ibarat kera.

2) Kuartier atau zaman keempat

Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan insan sehingga merupakan zaman terpenting. Zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman, yaitu zaman Pleistocen dan Holocen.
  1. Zaman Pleistocen atau Dilluvium berlangsung kira-kira selama 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya insan purba.
  2. Zaman Holocen atau Alluvium berlangsung kira-kira selama 20.000 tahun yang kemudian dan terus berkembang hingga cukup umur ini. Pada zaman ini, ditandai dengan munculnya insan jenis Homo Sapiens yang mempunyai ciri-ciri ibarat insan yang hidup pada zaman modern sekarang.

Baca juga: Pengertian Zaman Prasejarah