Pengertian Induksi Listrik

Berikut ini merupakan pembahasan wacana induksi listrik, mulai dari pengertian induksi listrik, kompor listrik induksi, dan induksi elektromagnetik.

Kamu telah mengetahui bahwa sebuah benda sanggup bermuatan listrik dengan cara digosok. Selain digosok, sebuah benda sanggup bermuatan dengan cara induksi. Bagaimana terjadinya induksi listrik?

Gambar di bawah ini menawarkan sebuah batang P yang tidak bermuatan (netral). Terlihat bahwa jumlah elektron dan jumlah protonnya sama.

Ketika sebuah batang Q yang bermuatan negatif didekatkan pada ujung B, muatan-muatan pada batang P akan bereaksi.
Gambar: Induksi Listrik

Keterangan Gambar:

a. Batang P yang netral (tidak bermuatan)

b. Batang P didekatkan dengan batang Q yang bermuatan negatif.

Semua muatan negatif akan menolak muatan negatif yang berasal dari batang Q, sedangkan semua muatan konkret akan tertarik oleh batang Q.

Hal ini sesuai dengan sifat elektron yang akan saling menolak kalau muatannya sama dan akan saling menarik kalau muatannya berbeda.

Muatan negatif batang P akan berkumpul di ujung A dan muatan konkret akan berkumpul di ujung B. Jika ujung A batang P didekatkan pada elektroskop, apa yang terjadi?

Keping yang terdapat pada elektroskop niscaya akan membuka sebab memperoleh muatan sejenis ialah muatan negatif dari ujung A batang P. Peristiwa ini disebut sebagai induksi listrik.