Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Serta Tahapan-Tahapannya

Pembahasan kali ini mengawali klarifikasi wacana pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, yang mencakup; pengertian pertumbuhan pada makhluk hidup (manusia, binatang dan tumbuhan), pengertian perkembangan, tahapan pertumbuhan, dan tapahan perkembangan.

Salah satu ciri makhluk hidup yakni tumbuh dan berkembang. Apakah tumbuh dan berkembangnya insan sama dengan tumbuhan dan hewan? Bagaimanakah cara tumbuhan dan binatang di sekitar rumahmu tumbuh dan berkembang? Apa sajakah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan hewan? Kamu akan mengetahuinya sehabis mempelajari pembahasana ini.

Setelah mempelajari klarifikasi ini, dibutuhkan kau sanggup mendeskripsikan pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, mendeskripsikan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan, serta mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan 

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak sanggup kembali ke asal). Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.

Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang sanggup mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya.

Sewaktu masih bayi, balita, dan anak kecil, insan mempunyai daya tahan badan yang masih lemah sehingga gampang terjangkit penyakit. Tetapi, sehabis tumbuh dan berubah menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya semakin berpengaruh sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

Pertumbuhan dan perkembangan membawa insan kepada kedewasaan. Setelah dewasa, insan sanggup menghasilkan keturunan sehingga populasi insan akan terjaga kelestariannya. Sekarang, coba kau bayangkan kalau tidak terjadi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia?

Mungkin populasi insan akan punah. Begitu juga dengan binatang dan tumbuhan. Jika binatang dan tumbuhan tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, maka akan mengalami kepunahan.
Pembahasan kali ini mengawali klarifikasi wacana pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidu Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup serta Tahapan-tahapannya
Skema: Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

Tahapan-tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pada tumbuhan, perkembangan ini menghasilkan majemuk jaringan dan organ tumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan pada binatang berbeda-beda antara spesies satu dengan spesies yang lain. Tetapi, intinya mempunyai persamaan tahapan perkembangan, yaitu sebagai berikut.

1. Pembelahan Sel

Setelah terjadi fertilisasi (pembuahan sel gamet jantan dan sel gamet betina), terbentuklah zigot. Zigot mengalami pembelahan mitosis secara terus-menerus. Pembelahan ini berlangsung sangat cepat. Sel-sel yang dihasilkan dari pembelahan disebut morula. Morula berubah menjadi bentuk yang berlubang disebut blastula.

2. Morfogenesis

Blastula terus mengalami pembelahan sel. Selama pembelahan ini terjadi morfogenesis, yaitu proses perkembangan bentuk banyak sekali bab badan embrio.

3. Diferensiasi

Blastula terus membelah dan membentuk gastrula. Dari gastrula terbentuk embrio. Sel-sel embrio berkembang terus membentuk jaringan, organ, dan sistem organ yang membentuk struktur dan fungsi khusus yang nantinya difungsikan pada waktu dewasa.

4. Pertumbuhan

Setelah terbentuk organ, terjadi pertumbuhan makhluk hidup menjadi lebih besar. Perkembangan berjalan seiring dengan pertumbuhan. Perkembangan yakni proses mencapai kedewasaan. Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, yaitu pertumbuhan sanggup diukur dengan ukuran tertentu, sedangkan perkembangan tidak sanggup diukur dengan suatu ukuran.