Pengertian, Rumus Dan Suara Aturan Boyle Serta Pola Soal Aturan Boyle (Penerapan Aturan Boyle Dalam Kehidupan Sehari-Hari)

Berikut ini yaitu pembahasan wacana suara Hukum Boyle, pengertian Hukum Boyle, penerapan Hukum Boyle, rumus Hukum Boyle, pola soal aturan boyle,  dan penerapan aturan boyle dalam kehidupan sehari-hari.

Bunyi Hukum Boyle

Robert Boyle (1627-1691) telah melaksanakan penelitian untuk mengetahui relasi antara tekanan dan volume gas pada suhu yang konstan. Dari hasil penelitiannya, dia menyatakan bahwa:
“Hasil kali tekanan dan volume gas dalam ruangan tertutup yaitu tetap/konstan”.
Secara matematis sanggup ditulis Rumus Hukum Boyle:
PV = konstan atau P1 V1 = P2V2 = ....

Penerapan Hukum Boyle dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Hukum Boyle terdapat pada prinsip kerja pompa. Pompa yaitu alat yang dipakai untuk memindahkan gas atau zat cair. Berdasarkan prinsip kerja ini, pompa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu pompa hisap dan pompa tekan.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana suara Hukum Boyle Pengertian, Rumus dan Bunyi Hukum Boyle serta Contoh Soal Hukum Boyle (Penerapan Hukum Boyle dalam Kehidupan Sehari-hari)
Gambar: Pompa Ban Sepeda

Contoh Soal Hukum Boyle

Suatu ruangan tertutup mengandung gas dengan volume 200 ml. Jika tekanan ruangan tersebut yaitu 60 cmHg, hitunglah tekanan gas pada ruangan yang volumenya 150 ml?

Penyelesaian:
Diketahui:
V1 = 200 mL
P1 = 60 cmHg
V2 = 150 ml

Ditanya : P2

Jawab:
P1V1 = P2V2 atau
    P2 = (P1V1) : V2
    P2 = (200 x 60 ) 150
         = 80 cmHg
Jadi, tekanan gas pada ruangan yang volumenya 150 ml yaitu 80 cmHg.

Siapakah Robert Boyle?

Robert Boyle (1627-1691) yaitu hebat filsafat alami dan salah satu pendiri prinsip kimia modern yang berasal dari Inggris. Ia populer dengan Hukum Boyle, yaitu aturan fisika yang menjelaskan bagaimana kaitan antara tekanan dan volume suatu gas. 

Ia merupakan pendiri Royal Society, yaitu organisasi Britania yang dibentuk untuk memajukan ilmu pengetahuan. Boyle juga merupakan penggagas dalam memakai eksperimen dan metode ilmiah untuk menguji teorinya.