Pengertian, Satuan Dan Rumus Tekanan Serta Pola Soal Tekanan Pada Zat Padat

Berikut ini yaitu pembahasan perihal pengertian tekanan, rumus tekanan, pola soal tekanan hirdrostatis, satuan tekanan, tekanan udara, tekanan pada zat padat.

Kapal bahari sanggup terapung di atas lautan. Oleh alasannya itu, kapal bahari dijadikan sebagai salah satu alat transportasi. Apa yang menyebabkan kapal bahari terapung di lautan? Teori apa yang menjelaskan hal ini? Bagaimana kaitannya dengan teoriteori perihal IPA yang lainnya? Ayo temukan jawabannya dalam pembahasan ini.

Pengertian Tekanan pada Zat Padat

Tekanan pada zat padat merupakan ilustrasi yang konkret untuk sanggup memahami pengertian tekanan. Jika kau main atau berada di desa dan melihat hamparan sawah yang luas, kau akan melihat tanah-tanah lumpur yang lembek.

Di sekitar kawasan itu pula akan gampang dijumpai bebek-bebek dan ayam yang berkeliaran dengan bebasnya. Sesekali bebek-bebek dan ayam-ayam itu berjalan dalam kelompoknya di tanah, sesekali mereka berjalan di lumpur.

Jika kau amati lebih lanjut jejak bebek-bebek dan ayam-ayam itu pada lumpur, kau akan melihat bahwa kedalaman jejak antara kaki ayam dan kaki belibis yang mempunyai ukuran relatif sama, akan berbeda.

Kedalaman jejak yang ditimbulkan mengatakan adanya tekanan yang diberikan oleh berat kedua binatang ini terhadap lumpur yang diinjaknya. Lalu, mengapa kedalaman jejak kaki belibis dan ayam yang ukurannya relatif sama mempunyai kedalaman yang berbeda?
Berikut ini yaitu pembahasan perihal pengertian tekanan Pengertian, Satuan dan Rumus Tekanan serta Contoh Soal Tekanan pada Zat Padat
Gambar: Contoh Tekanan pada Zat Padat

Untuk menjawab hal ini, coba kau ingat dan perhatikan kembali permukaan kaki ayam dan kaki bebek, kemudian bandingkan. Permukaan kaki belibis mempunyai selaput yang berfungsi untuk membantu belibis saat berenang, sedangkan kaki ayam tidak mempunyai selaput tersebut.

Jika kita bandingkan, maka sanggup dikatakan bahwa kaki belibis mempunyai luas permukaan yang lebih besar dari kaki ayam. Hal inilah yang menyebabkan kedalaman jejak itu berbeda.

Selain tekanan, uraian di atas menyebutkan besaran lain, yaitu luas permukaan dan berat. Dari dua besaran inilah kita sanggup menciptakan definisi perihal tekanan yang tentunya sesuai dengan ilustrasi di atas.
Tekanan adalah besarnya gaya per satuan luas permukaan kawasan gaya itu bekerja.
Tekanan didefinisikan sebagai besarnya gaya per satuan luas permukaan kawasan gaya itu bekerja. Tekanan merupakan besaran skalar alasannya tidak mempunyai arah tertentu.

Rumus Tekanan

Tekanan dinotasikan dengan aksara P. Definisi tekanan ini sanggup dirumuskan sebagai berikut:
P = F/A
Tekanan:
P = tekanan (N/m2 atau Pascal)
F = gaya (N)
A = luas permukaan (m2)

Definisi ini pertama kali ditemukan oleh Blaise Pascal. Untuk menghargainya, satuan tekanan dalam sistem internasional, yaitu N/m2 disebut juga Pascal.

Dari rumusan tersebut, sanggup diketahui bahwa:

1) Makin besar gaya tekan yang diberikan, makin besar tekanan yang dihasilkan.

2) Makin kecil luas permukaan bidang tekan, makin besar tekanan yang dihasilkan.

Contoh Soal Tekanan pada Zat Padat

Seorang anak yang sedang berguru berjalan mempunyai berat 100 N. Ia melangkah jingjit dengan luas ujung telapak kaki yang menekan permukaan tanah yaitu 50 cm2. Berapakah tekanan yang dilakukan anak itu terhadap tanah?

Penyelesaian:
Diketahui: F = 100 N
A = 50 cm2 = 0,005 m2

Ditanya: P

Jawab:
P = F/A
   = 100/0,05
   = 20.000 N/m2
Jadi, tekanan yang diberikan oleh anak itu terhadap tanah yaitu 20.000 Pa.