Pengertian Sistem Saraf, Fungsi, Anatomi Serta Susunan Sistem Saraf Sentra Dan Saraf Tepi Pada Manusia

Pembahasan kali ini yaitu wacana sistem saraf, yang mencakup pengertian sistem saraf pusat, pengertian sistem saraf tepi anatomi sistem saraf, susunan sistem saraf, fungsi sistem saraf, kelainan pada sistem saraf, sistem regulasi pada manusia, sistem koordinasi pada manusia.

Manusia merupakan makhluk hidup yang mempunyai sistem pengaturan yang paling rumit. Pengaturan seluruh aktifitas badan kita dilakukan secara rapi oleh sistem koordinasi dan sistem regulasi, terdiri dari sistem saraf dan hormon.

Pengertian Sistem Saraf

Sel saraf merupakan bab utama pada sistem saraf. Sel saraf membawa pesan melalui sistem saraf. Tubuhmu mengandung berjuta-juta sel saraf. Sel saraf disebut neuron. Neuron seringkali diperbandingkan dengan kawat listrik yang sangat kecil dan panjang. Kawat membawa pesan dan mempunyai pembungkus (isolator) di luarnya.

Kawat biasanya menghubungkan dua hal mirip contohnya sumber listrik dengan lampu. Neuron juga sangat kecil dan juga sanggup sangat panjang. Neuron sanggup mempunyai ukuran panjang hingga satu meter di beberapa bab tertentu dari tubuhmu.

Pembahasan kali ini yaitu wacana sistem saraf Pengertian Sistem Saraf, Fungsi, Anatomi serta Susunan Sistem Saraf Pusat dan Saraf Tepi pada Manusia

Neuron juga mempunyai pembungkus. Neuron membawa pesan ke seluruh tubuhmu. Neuron memungkinkan bab badan yang satu berekoordinasi dengan bab badan yang lain.

Kita juga sanggup membandingkan sebuah kabel dengan sebuah saraf. Sebuah kabel terbuat dari beberapa kawat yang dibungkus bersama, sehingga membentuk kabel yang tebal dan besar. Sebuah saraf merupakan beberapa neuron yang dibungkus bersama-sama. Saraf sanggup juga besar dan tebal.

Pada gambar tersebut juga ditunjukkan seberapa besar saraf dibandingkan dengan sebuah neuron tunggal. Sebuah neuron mempunyai bagian-bagian yang juga dimiliki oleh sel-sel yang lain, mirip intisel dan sitoplasma. Terdapat sedikit perbedaan antara sel yang lain dengan neuron.

Dua perbedaan yang dimaksud yaitu ukuran dan bentuk neuron. Neuron berbentuk panjang dan kecil, sehingga sanggup melaksanakan fungsinya dengan baik. Perbedaan ketiga antara neuron dengan sel yang lain yaitu pada bentuk ujungnya. Ujung-ujung neuron bercabang-cabang. Satu ujung disebut dendrit.

Dendrit yaitu bab neuron yang mendapatkan pesan dari neuron tetangganya. Ujung yang lain biasanya lebih panjang disebut akson. Akson yaitu bab dari neuron yang berfungsi mengirim pesan ke neuron-neuron sekitar atau ke organ tubuh.

Bagaimana saraf membawa pesan dari satu bab badan ke bab badan yang lainnya? 

Terdapat tiga hal penting yang sanggup dilihat di dalam diagram tersebut.

1. Jalur yang membawa pesan dari otak ke tangan tidak sama dengan jalur yang membawa pesan dari tangan ke otak.

2. Neuron yang membentuk satu jalur panjang tidak bersentuhan satu sama lain. Terdapat satu celah sangat kecil antara satu neuron dengan neuron yang lainnya. Celah tersebut dinamakan sinaps . Sinaps yaitu celah kecil antara ujung akson suatu neuron dengan dendrit dari neuron tetangga.

3. Dendrit dari satu neuron selalu berafiliasi dengan akson dari neuron yang lain.

Pesan bergerak sepanjang satu neuron, dari ujung yang satu ke ujung yang lainnya. Pesan merupakan muatan listrik yang bergerak sepanjang akson mirip halnya listrik mengalir di dalam kawat. Pesan ini mengalir dalam neuron dari ujung dendrit ke ujung akson.

Bagaimana pesan ini diangkut di dalam sinaps antara satu neuron dengan neuron yang lain? 

Pertama pesan bergerak dari ujung dendrit ke ujung Akson. Terdapat zat kimia yang dikeluarkan oleh akson, kalau pesan telah mencapai ujung akson. Zat kimia ini kemudian melewati sinaps dan mencapai ujung dendrit neuron berikutnya. Zat kimia melepaskan pesan, dan pesan meneruskan pergerakannya melalui neuron berikutnya.

Sekarang kau tahu mengapa jalur yang ditempuh untuk membawa pesan dari otak ke tangan dan dari tangan ke otak berbeda. Pesan tidak bergerak dalam dua arah sepanjang neuron yang sama. Hanya bab akson dari neuron yang mengeluarkan zat kimia yang sanggup menyeberangi sinaps.

Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi

Sel-sel saraf membentuk tiga bab atau area penting dari sistem sarafmu. Bagian yang dimaksud yaitu otak, sumsum tulang belakang, dan saraf-saraf tubuh. Otak dan sumsum tulang belakang merupakan saraf pusat, sedangkan saraf-saraf badan merupakan saraf tepi.

Pembahasan kali ini yaitu wacana sistem saraf Pengertian Sistem Saraf, Fungsi, Anatomi serta Susunan Sistem Saraf Pusat dan Saraf Tepi pada Manusia
Tabel: Susunan Saraf Dan Fungsinya

Organ utama pertama sistem saraf insan yaitu otak. Otak yaitu organ yang mengirim dan mendapatkan pesan ke dan dari seluruh bab tubuh. Otak juga berfungsi merekam dan menginterpretasikan pesan. Otak tersusun dari berjuta-juta neuron.

Bagian utama kedua sistem saraf insan yaitu sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang yaitu bab yang membawa pesan dari otak ke saraf-saraf badan atau dari saraf badan ke otak. Pesan berjalan ke atas pada jalur menuju ke otak dan turun ke sumsum tulang belakang menuju ke saraf tubuh.

Sumsum tulang belakang tersusun dari berjuta-juta neuron. Otak dan sumsum tulang belakang dilindungi dari kerusakan. Keduanya dilindungi oleh tulang dan selaput. Keduanya juga diselaputi oleh cairan. Otak dilindungi oleh tulang tengkorakmu. Sumsum tulang belakang dilindungi oleh tulang vertebrae. Apa arti kata vertebrae?

Bagian ketiga dari sistem sarafmu yaitu kelompok saraf yang memasuki dan meninggalkan sumsum tulang belakang. Kelompok saraf itu disebut saraf-saraf tubuh.

Saraf-saraf badan menghubungkan organ, otot, dan kulit dengan sumsum tulang belakang. Pesan bergerak sepanjang saraf badan dari organ atau otot ke sumsum tulang belakang, kemudian ke otak. Pesan juga bergerak dari otak ke sumsum tulang belakang, dan kemudian ke sepanjang saraf badan ke organ atau otot. Saraf badan sanggup diibaratkan kawat listrik yang berasal dari sumber listrik ke rumah-rumahmu.

Fungsi Otak

Otak, mirip halnya organ yang lain terdiri dari bagianbagian yang berbeda. Tiap bab mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Otak insan terdiri dari tiga bab utama.

Pembahasan kali ini yaitu wacana sistem saraf Pengertian Sistem Saraf, Fungsi, Anatomi serta Susunan Sistem Saraf Pusat dan Saraf Tepi pada Manusia
Marilah kita melihat lebih seksama masing-masing bagian. Bagian-bagian yang dimaksud yaitu cerebrum, cerebellum, dan medula oblongata. Cerebrum (otak besar) yaitu bab otak yang mengontrol pikiran, nalar, dan indera.

Cerebrum merupakan bab otak yang paling besar. Bagian ini mempunyai lipatan-lipatan. Cerebrum mempunyai beberapa fungsi. Salah satu fungsinya yaitu menyimpan pesan. Biasanya fungsi ini disebut memori. Cerebrum mendapatkan pesan dari seluruh alat indera, contohnya suara yang mungkin diinterpretasikan sebagai musik, ketawa, atau suara peluit.

Penglihatan mungkin diinterpretasikan sebagai warna bunga yang cerah atau awan yang gelap. Cerebrum juga merupakan sentra kontrol otot. Pesan untuk gerakan tangan dan kaki dimulai dari cerebrum. Pesan wacana sakit atau sentuhan berakhir pada cerebrum. Cerebrum juga mengontrol kepribadian.

Beberapa fungsi cerebrum bersifat sadar. Sadar artinya sanggup dikontrol. Sebagai teladan kau tetapkan untuk menggerakkan kakimu, kemudian kau melakukannya.

Cerebrum dibagi menjadi belahan kiri dan kanan. Bagian kanan cerebrum mengontrol bab kiri badan dan juga mendapatkan pesan dari bab kiri tubuh. Bagian kiri cerebrum mengontrol bab kanan badan dan juga mendapatkan pesan dari bab kanan tubuh.

Cerebellum (otak kecil) yaitu bab otak yang membantu kau bergerak secara lemah lembut dan gemulai tidak kaku mirip robot. Bagaimana ukuran cerebellum dibandingkan dengan cerebrum? Di mana cerebellum berlokasi, di depan atau di belakang kepalamukah?

Semua saraf yang masuk dan meninggalkan otak yang berasal dari dan menuju ke otot mengirim pesan ke cerebellum. Cerebellum membantumu semoga tetap seimbang. Kerja cerebellum bersifat tidak sadar.

Bagian ketiga dari otak yaitu medulla oblongata. Medulla oblongata sepertinya mirip dengan sumsum tulang belakang, tetapi fungsinya sangat berbeda. Medulla oblongata yaitu bab otak yang berfungsi mengontrol denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Semua pekerjaan yang ditangani oleh medulla oblongata bersifat di luar kesadaran.

Kerja medulla oblongata tidak memerlukan kau berfikir terlebih dahulu. Apakah kau perlu berfikir terlebih dahulu sebelum jantungmu berdenyut?

Gerak Refleks

Dalam banyak kasus, beberapa pesan yang diterima oleh tubuhmu hingga ke otak terlebih dahulu sebelum kau bereaksi. Pikirkanlah apa yang terjadi ketika kau melihat sebuah bola melayang menuju ke arahmu. Kamu akan mengangkat tanganmu atau kau akan menunduk sehabis otakmu mendapatkan pesan bahwa bola sedang menuju ke arahmu.

Beberapa pesan tidak demikian. Pesan tersebut menuju ke sumsum tulang belakang dan dengan cepat kembali ke otot. Tubuh sanggup bereaksi dalam waktu yang sangat pendek. Gerakan cepat, yaitu reaksi pinjaman yang terdapat di dalam sistem saraf dan disebut refleks.

Bagaimana refleks bekerja? 

Pembahasan kali ini yaitu wacana sistem saraf Pengertian Sistem Saraf, Fungsi, Anatomi serta Susunan Sistem Saraf Pusat dan Saraf Tepi pada Manusia

Berpikirlah apa yang terjadi pada ketika terjadi kecelakaan. Ikutilah nomor tahap yang terdapat di dalam Empat hal berikut ini yaitu benar wacana refleks.

Pertama refleks bersifat tidak sadar; Kedua refleks terjadi amat cepat; Ketiga refleks mungkin melibatkan atau tidak melibatkan otak. Contoh pada ketika tertusuk, otak mungkin akan mendapatkan pesan sakit, tapi pesan itu gres hingga ke otak sehabis kau menarik kakimu.

Jika pesan diterima oleh otak sebelum kau menarik kaki, hal ini akan membutuhkan lebih banyak waktu, dan kerusakan mungkin akan lebih parah. Hal ini akan membawa kita kepada hal yang keempat wacana refleks, yaitu kebanyakan refleks bermanfaat.

Refleks membantumu melindungi diri dari bahaya. Batuk dan bersin yaitu refleks. Bagaimana batuk dan bersin melindungi dirimu? Seberapa cepat waktu yang diharapkan saraf untuk merespon suatu aksi?