Pengertian Skala Prioritas Kebutuhan Dan Contohnya

Berikut ini yakni pembahasan perihal skala prioritas yang mencakup pengertian skala prioritas, penentuan skala prioritas, biaya yang hilang, cara menciptakan skala prioritas, cara menentukan skala prioritas, tumpuan skala prioritas.

Pengertian Skala Prioritas

Apakah yang dimaksud dengan skala prioritas?

Apakah pengertian dari skala prioritas?
Skala prioritas yakni suatu daftar bermacam macam kebutuhan yang disusun menurut tingkat kepentingannya,yaitu dari yang paling penting hingga dengan kebutuhan yang sanggup ditunda pemenuhannya.

Cara Menentukan Skala Prioritas

Seperti telah kau ketahui, kebutuhan insan jumlahnya tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan insan jumlahnya terbatas.

Oleh sebab itu, diharapkan keterampilan untuk menentukan sesuai dengan tingkat kebutuhan dari barang atau jasa yang bersangkutan atau memprioritaskan yang penting dan mendesak untuk dipenuhi.

Penentuan skala prioritas dalam menentukan kebutuhan sangat diharapkan biar kebutuhan yang sifatnya fundamental dan sanggup menimbulkan duduk perkara apabila tidak terpenuhi tidak terkalahkan oleh kebutuhan yang sanggup ditunda.

Adanya keterbatasan sumber daya pemuas kebutuhan insan mendorong insan untuk melaksanakan aneka macam pilihan dari segala sesuatu yang tersedia dan sanggup dipilih.

Pilihan merupakan suatu tindakan untuk mengambil keputusan mengenai barang apa yang akan dipilih sehingga kepuasan individu tetap sanggup tercapai.

Untuk itulah ilmu ekonomi lahir, yaitu untuk membantu bagaimana seseorang, individu, atau masyarakat melaksanakan pilihan terhadap sumber daya yang langka dalam memenuhi kebutuhan.

Setiap pilihan yang dilakukan oleh konsumen dan produsen terhadap suatu barang dan jasa, tentu saja melahirkan suatu pengorbanan berupa barang-barang atau jasa yang tidak dipilih.
Berikut ini yakni pembahasan perihal skala prioritas yang mencakup pengertian skala prior Pengertian Skala Prioritas Kebutuhan dan Contohnya
Gambar: Contoh Cara Menentukan Skala Prioritas

Contoh Skala Prioritas Kebutuhan


  1. Misalnya, sebab keterbatasan uang yang kau miliki, kau lebih menentukan membeli buku daripada membeli sepatu. Dengan demikian, kau sudah mengorbankan kesempatan kau untuk membeli sepatu. 
  2. Contoh lainnya, yaitu sebuah perusahaan lebih menentukan memproduksi pakaian wanita daripada memproduksi pakaian anak sekolah maka perusahaan tersebut telah mengorbankan kesempatannya untuk memproduksi pakaian anak sekolah. 


Pengorbanan kau membeli sepatu dan pengorbanan perusahaan memproduksi pakaian anak sekolah merupakan pengorbanan berupa kesempatan. Dalam ilmu ekonomi, pengorbanan berupa kesempatan tersebut disebut sebagai biaya kesempatan yang hilang atau opportunity cost.

Baca juga: Alat Pemuas Kebutuhan