Teks Report (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Teks Report (Bahasa Indonesia) meliputi pengertian Teks Report, Tujuan Teks Report, Struktur, dan Contoh Teks Report dalam Bahasa Indonesia

Teks Report
Pengertian Teks Report
 
Teks Report adalah  teks yang mendeskripsikan sesuatu atau benda-benda secara umum, misalnya banyak sekali benda atau fenomena alam, buatan dan sosial yang ada atau terjadi di lingkungan kita. Teks report mengupas suatu hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi, atau study perihal benda atau binatang, orang atau tempat. 

Tujuan Teks Report :
 
Tujuan Penulisan Teks Report adalah Untuk mempresentasikan isu perihal sesuatu apa adanya. Informasi ini merupakan hasil pengamatan dan analisis yang sistematik
 
Struktur Generik:
  1. Klasifikasi umum
  2. Deskripsi
Fitur Bahasa yang Dominan:
  1. Pengenalan kelompok atau aspek-aspek umum aspect
  2. Penggunaan hubngan logis yang kondisional
Contoh Tujuan Teks Report : 

GAJAH


Gajah yakni binatang terbesar diantara hewan-hewan lain yang ada di dunia. Hewan ini mempunyai penampakan yang unik. Kakinya kekar, tubuhnya besar, punggungnya kuat, telinganya menggantung, mata dan ekornya kecil, serta mempunyai hidung yang panjang yang dikenal sebagai belalai. Gajah biasanya sanggup dilihat di kebun binatang. Sangat sukar sekali untuk melihat gajah di habitat aslinya.

Belalai merupakan organ badan gajah yang sangat unik serta bermanfaat. Dengan belalai, gajah sanggup menyemprotkan air ke tubuhnya. Dengan be;lalai pula gajah sanggup mengambil dedaunan untuk lalu dimasukkan ke mulutnya. Meskipun badan gajah besar, gajah sanggup bergerak dengan cepat.

Gajah yakni binatang yang pintar. Dengan kepintaran serta kekuatannya, menciptakan gajah mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Gajah sanggup dilatih untuk mengangkat barang yang berat, memburu harimau bahkan untuk bertarung. Gajah yakni benar-benar binatang yang pintar.

 Demikian artikel perihal Teks Report (Bahasa Indonesia) meliputi pengertian Teks Report, Tujuan Teks Report, Struktur, dan Contoh Teks Report dalam Bahasa Indonesia.  Semoga bermanfaat..