Pengertian, Fungsi Dan Penyakit Sistem Reproduksi Pada Manusia

Setelah mempelajari pembahasan ini, diperlukan kau sanggup menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi pada manusia, mendeskripsikan fungsi atau sistem reproduksi, mendeskripsikan kelainan atau penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia, dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi manusia.

Gambar di bawah ini ialah alat reproduksi pada manusia. Apa saja nama alat-alat tersebut? Apa fungsinya? Peristiwa apa saja yang terjadi pada alat-alat tersebut?

Kelainan atau penyakit apa saja yang sanggup menyerang alat-alat tersebut? Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari pembahasan ini dan yang terkait dengannya.

Salah satu ciri makhluk hidup ialah berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya. Oleh alasannya ialah itu, insan juga berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya.

 diperlukan kau sanggup menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi pada insan Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia
Alat Reproduksi pada Pria dan Wanita

Laki-laki yang sudah mengalami pubertas akan menghasilkan spermatozoa. Sedangkan, perempuan yang sudah mengalami pubertas akan menghasilkan ovum.

Pertemuan antara sperma dan ovum akan menghasilkan zigot. Untuk lebih mengetahui perihal sistem reproduksi pada manusia, mari cermati skema di bawah ini.
 diperlukan kau sanggup menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi pada insan Pengertian, Fungsi dan Penyakit Sistem Reproduksi pada Manusia

Alat Reproduksi Manusia

Manusia termasuk makhluk dioseus (berumah dua), artinya satu individu hanya mempunyai satu jenis alat reproduksi, yaitu laki-laki atau perempuan.

Alat reproduksi insan atau alat kelamin dibagi menjadi dua, yaitu alat kelamin laki-laki dan alat kelamin wanita. Alat kelamin laki-laki dan perempuan ini terdiri atas alat kelamin dalam dan luar.