Ditemukan Spesies Gres Udang Karang Endemik Di Papua Barat

Udang karang (crayfish) ialah binatang Arthropoda, Crustacea, Decapoda, Parastacidae dengan ciri capitnya berukuran besar dan ukurannya lebih kecil dari lobster. Hewan ini sering dijumpai di air tawar menyerupai sungai dan danau. Sebuah publikasi terbaru mengenai binatang ini yakni telah ditemukan spesies barunya di Papua Barat, tepatnya berada di Sungai Warsamson yang berada di Kepala Burung  (Vogelkop) Peninsula.

Spesies gres tersebut diberi nama ilmiah Cherax warsamsonicus (gambar 1). Temuan ini dilakukan oleh Rury Eprilurahman, Dosen dari Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada beserta timnya. Udang karang Cherax warsamsonicus dapat dibedakan dengan gampang yakni dari kerabat dekatnya Cherax misolicus berdasarkan bentuk rostrum. 

Gambar 1. Holotype Cherax warsamsonicus.


Rostrum pada Cherax warsamsonicus memiliki bentuk yang berbeda dengan rostrum pada Cherax misolicus. Disamping itu, terdapat perbedaan yang lain yakni rostrum pada Cherax warsamsonicus tidak mempunyai setae (gambar 2). Karakteristik dari spesies gres ini yakni mempunyai permukaan karapaks halus dengan empat spiniform tubercle; ukuran mata besar dan berpigmen; rostrum berbentuk lanset; Rostral carinae menonjol; capit (cheliped) berwarna biru dan putih; sendi berwarna putih.


Gambar 2. Rostrum pada (A) Cherax warsamsonicus (B) Cherax misolicus

Analisis filogenetik molekular juga dilakukan untuk memilih apakah binatang tersebut ialah spesies baru. Gen yang dianalisis ialah Ribosomal RNA 16S dan Cytochrome Oxidase subunit I gene (COI).  Sebagai pembanding, spesies yang dipakai ialah dari genus Cherax yang ada di Papua. Hasil dari analisis tersebut, posisi filogenetik Cherax warsamsonicus berdekatan dengan genus Cherax yang ada di Papua. Dari analisis filogenetik juga menawarkan bahwa Cherax warsamsonicus sangat akrab kekerabatannya dengan Cherax pulcher (gambar 3).

Gambar 3. Posisi filogenetik Cherax warsamsonicus (A) Topologi menurut adonan data 16S dan COI,
(B) Topologi menurut data COI, (C) Topologi menurut data 16S

Etimologi santunan nama penunjuk spesies dari Cherax warsamsonicus berdasarkan daerah ditemukannya spesies tersebut di Sungai Warsamson, Papua Barat (gambar 4.). Penemuan spesies gres ini dipublikasikan dalam Jurnal ZooKeys pada 13 Maret 2017.

Gambar 4. Lokasi Sungai Warsamson, Papua Barat

Klasifikasi Cherax warsamsonicus

Kingdom: Animalia
...Filum: Arthropoda
......Subfilum: Crustacea
.........Kelas: Malacostraca
............Ordo: Decapoda
...............Famili: Parastacidae
..................Genus: Cherax
.....................Spesies: Cherax warsamsonicus


Referensi:
Christian Lukhaup, Rury Eprilurahman, Tomas von Rintelen. Cherax warsamsonicus, a new species of crayfish from the Kepala Burung (Vogelkop) peninsula in West Papua, Indonesia (Crustacea, Decapoda, Parastacidae). ZooKeys 660: 151–167 (2017). doi: 10.3897/zookeys.660.11847