Spesies Gres Cacing Ditemukan Di Ekosistem Mangrove Pulau Ambon

Sebuah inovasi cacing spesies gres diberi nama Capitella ambonensis. Cacing ini ditemukan di sedimen pasir liat yang berada di habitat ekosistem bakau (mangrove) di Pulau Ambon, Indonesia. Spesies gres tersebut ditemukan dan dideskripsikan oleh Joko Pamungkas, Peneliti LIPI yang dipublikasikan di Jurnal Zootaxa pada Bulan Februari 2017.

Cacing ini termasuk filum Annelida (cacing bersegmen) dan kelas Polychaeta. Spesies gres ini mempunyai ciri-ciri terutama didasarkan pada distribusi seta (chaetae) kapiler dan kait. Pada bab torax terdapat 9 segmen dimana segmen 1-7 mempunyai rambut seta kapiler sedangkan segmen 8-9 tidak ada (gambar 1). Ruas 8-9 pada cacing jantan mempunyai genital spine yang berbentuk menyerupai duri (gambar 1B-1C). Segmentasi pada torak cacing ini merupakan huruf utama dalam identifikasi.

 Sebuah inovasi cacing spesies gres diberi nama  Spesies Baru Cacing Ditemukan di Ekosistem Mangrove Pulau Ambon
Gambar 1. Capitella ambonensis
Transisi antara torak dan abdomen mempunyai alur inter-segmental yang dalam khususnya ruas 9 dan 10. Disamping itu mempunyai warna coklat gelap pada bab abdomen dorsum serta mempunyai kait.

Di Indonesia, Cacing Capitella merupakan makrobentik yang mayoritas di ekosistem bakau namun taksonominya masih terbatas. Keberadaan cacing ini sanggup menjadi indikator untuk invstigasi ekologis akhir efek pencemaran menyerupai limbah industri.

Klasifikasi Cacing Capitella ambonensis

Kingdom:Animalia
Filum: Annelida
Kelas: Polychaeta
Famili: Capitellidae
Genus: Capitella
Spesies: Capitella ambonensis

Referensi:
Joko Pamungkas. 2017. Capitella ambonensis: a new polychaete species (Annelida: Capitellidae) collected from a mangrove habitat on Ambon Island, Indonesia. Zootaxa 4227 (4): 573–582. https://doi.org/10.11646/zootaxa.4227.4.7