Spesies Baru: 3 Spesies Ngengat Gres Dari Indonesia Timur


Berita inovasi spesies gres kali ini berasal dari Indonesia Timur yakni Sulawesi Utara, Halhamera, dan Papua. Tiga jenis ngengat gres telah dideskripsikan oleh para tiga ilmuwan sebagai jenis baru. Spesies gres tersebut adalah Cryptophasa choliki, Cryptophasa kwerbaensis, dan Cryptophasa watungi. Masing-masing spesies dibedakan berdasarakan huruf genitalnya pada ketika dewasa.


Berikut yaitu gambar spesies gres tersebut beserta keterangannya:


Ngengat dengan nama ilmiah C. choliki adalah jenis gres yang ditemukan oleh Endang Cholik & Awit Suwito pada tahun 2010 di Halhamera. Ngengat ini termasuk endemik di wilayah tersebut. Karakter fauna ini mempunyai warna putih ibarat kapas dengan bintik hitam dua buah di bab tengah sayap serta beberapa bintik hitam pada tepi sayap bab depan. Ngengat ini masih belum diketahui inangnya. Nama spesies ini didedikasikan kepada kolektor tersebut yakni Endang Cholik.




Ngengat C. kwerbaensis ini ditemukan oleh Hari Sutrinso pada bulan November 2011 di Kwerba, Kaki Gunung Foja, Papua. Karakter binatang ini yakni mempunyai warna coklat muda dengan bintik hitam pada bab tengah dan beberapa bintik hitam pada tepi sayap depannya. Sayap jenis ini tidak mempunyai sisik kecuali di bab pangkal sayap bab depan. Hewan ini merupakan endemik papua serta belum diketahui jenis inangnya. Pemberian nama spesies ini didasarkan dari daerah ditemukan binatang tersebut di Kwerba.




C. watungi merupakan jenis gres ngengat yang ditemukan di Sulawesi Utara. Hewan ini merupakan spesies endemik yang menyerang tanaman cengkeh di Sulawesi Utara. Hewan ini ditemukan oleh Jackson F. Watung pada bulan November 2014 dan beliau berhasil memelihara binatang ini mulai dari ulat sampai imago (dewasa). Hewan ini ditetapkan sebagai Type Specimen. Karakternya yakni pada spesies betina mempunyai warna coklat muda (krem) dengan bintik hitam pada bab sayap depan. Nama binatang ini didedikasikan untuk JF Watung sebagai kolektornya.

Referensi:
Sutrisno, H., Watung, J.F. & Suwito, A. 2015. Discovery of Cryptophasa Lewin, 1805 (Lepidoptera: Xyloryctidae) from Indonesia with the descriptions of three new species. Zootaxa 3944 (1): 122-132.

Penulis:
Mh Badrut Tamam
email: mh.badruttamam@generasibiologi.com