Spesies Baru: Udang Crustacea Jenis Gres Dari Raja Ampat


Keindahan Raja Ampat di Papua ternyata menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Salah satu temuan spesies gres yang berhasil diungkap yaitu binatang dari jenis Crustacea yang ditemukan diantara terumbu karang. Spesies tersebut diberi nama ilimiah Leucothoe eltoni sp.

Sang penemu yaitu James Darwin Thomas, professor yang berasal dari Halmos College of Natural Sciences and Oceanography di Florida. Dia memberi nama "Elton" alasannya nama tersebut berasal dari nama musisi Elton John dari Inggris. Nama tersebut terinspirasi alasannya kebiasaannya mendengarkan musik-musik Elton dikala bekerja di Laboratorium.

Crustacea ini memilikiukuran yang sangat kecil (7-8 mm) yang ditemukan di terumbu karang di Raja Ampat, Indonesia. Fauna ini bersimbiosis secara mutualisme dengan beberapa invertebrata lain ibarat terumbu karang dan kelompok Tunicata yakni Herdmania dan Polycarpa sp. Beberapa juga ditemukan dikala bersimbiosis dengan kerang Pteria penguin dan binatang spons ibarat Callyspongia.

Dalam inovasi ini, keberadaan Leucothoe eltoni memberikan isu bahwa mahluk kecil ini merupakan indikator bahwa terumbu karang di Raja Ampat masih bagus. Selain di Raja Ampat, binatang ini juga ditemukan di Laut Halhamera dan Laut Sulawesi.


Referensi Jurnal:
Thomas JD. 2105. Leucothoe eltoni sp. n., a new species of commensal leucothoid amphipod from coral reefs in Raja Ampat, Indonesia (Crustacea, Amphipoda). ZooKeys 518: 51-66; doi: 10.3897/zookeys.518.9340.

Link Jurnal: http://zookeys.pensoft.net/articles.php?id=5969

Penulis:
Mh. Badrut Tamam
email: mh.badruttamam@generasibiologi.com