Spesies Baru: Inovasi Cicak Pupil Lingkaran Di Lampung

Gambar 1. Cicak Cnemaspis rajabasa.

Peneliti dan sekaligus jago herpetofauna dari LIPI yaitu Awal Riyanto baru-baru ini menemukan spesies cicak dengan pupil lingkaran di Lampung. Spesies gres ini diberi nama Cnemaspis rajabasa (Gambar 1) yang sesuai dengan daerah ditemukannya spesies tersebut. Lokasi inovasi spesies gres tersebut berada di Sungai Tajur, Gunung Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sumatra, Indonesia dengan koordinat 5°48’29’’Lintang Selatan, 105°37’37’’ Bujur Timur (Gambar 2).

Gambar 2. Sungai Tajur, daerah inovasi spesies C.rajabasa.
Cnemaspis rajabasa mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakan dengan  genus Cnemaspis yang lain menyerupai mempunyai ukuran sampai 58,7 mm ketika desawa; sisik bibir bawah (infralabial) 11 atau 12; sisik perut dengan bentuk tricarinate dan memiliki pori di prekloaka. Ciri-ciri lebih detail dapat dilihat di tabel di bawah ini!


Cicak dari genus Cnemaspis jarang di jumpai di Indonesia. Kebanyakan dijumpai di Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, serta pulau-pulau di Semenanjung Malaysia (Gambar 3). Dengan demikian, penemuan Cnemaspis rajabasa merupakan hal yang sangat penting untuk menambah biodiversitas di Indonesia.


Gambar 3. Distribusi penyebaran cicak genus Cnemaspis.

Penemuan ini menambah khazanah pengetahuan gres mengenai distribusi Cnemaspis ke arah barat dan selatan. Disamping itu, masih perlu diteliti apakah cicak tersebut apakah ada kemungkinan biogeografinya sampai ke Pulau Jawa.


Klasifikasi:

Kingdom: Animalia
      Phylum: Chordata
          Subphylum: Vertebrata
               Class: Sauropsida
                    Superorder: Lepidosauria
                        Order: Squamata
                            Suborder: Scleroglossa
                                Family: Gekkonidae
                                     Genus: Cnemaspis
                                           Species: C. rajabasa


Referensi:
Amarasinghe, A.A. Thasun; Michael B. Harvey, Awal Riyanto, and Eric N. Smith 2015. A New Species of Cnemaspis (Reptilia: Gekkonidae) from Sumatra, Indonesia Herpetologica Jun 2015, Vol. 71, No. 2: 160-167.

Penulis:
Mh Badrut Tamam
email: mh.badruttamam@generasibiologi.com