Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah Di Indonesia Dan Gambarnya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal pengertian tanah; persebaran jenis / macam-macam tanah di Indonesia berserta  ciri-ciri, karakteristik dan gambarnya; keadaan tanah di Indonesia; dan cara merawat tanah. Mari kita bahas selengkapnya.

A. Pengertian Tanah


Tanah adalah lapisan tipis kulit bumi dan terletak paling luar. Tanah merupakan hasil pelapukan atau abrasi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan materi organik. Tanah mengandung partikel batuan atau mineral, materi organik ( senyawa organik dan organisme ) air dan udara.

Di negara kita Indonesia, terdapat banyak sekali jenis tanah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, hal ini dikarenakan antara wilayah satu dengan wilayah lainnya karakteristiknya berbeda ditambah wilayah Indonesia yang luas menciptakan tanah-tanah Indonesia menjadi beragam.

Tanah menjadi media yang cukup penting sekali bagi makhluk hidup. Makhluk hidup menggantungkan hidupnya dari tanah, contohnya tumbuhan yang hidup pada media tanah serta mencari banyak sekali keperluan untuk hidup ibarat air dan zat hara juga didalam tanah.

B. Jenis / Macam-Macam Tanah di Indonesia dan Persebarannya


Berikut yaitu jenis / macam-macam tanah yang ada di Indonesia beserta karakteristik, persebaran, dan gambarnya.

1. Tanah Aluvial (Endapan)

tanah endapan yaitu yang terbentuk dari material halus hasil pengendapan aliran sungai di dataran rendah atau lembah.

Persebaran : Tanah ini terdapat di pantai timur Sumatra, pantai utara Jawa, dan sepanjang Sungai Barito, Mahakam, Musi, Citarum, Batanghari, dan Bengawan Solo.

2. Tanah Vulkanis (Andosol)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah vulkanis adalah tanah yang berasal dari bubuk hasil peletusan gunung berapi yang sudah mengalami proses pelapukan. Vegetasi yang tumbuh di tanah andosol yaitu hutan hujan tropis, bambo, dan rumput.

Persebaran : Tanah andosol terdapat di lereng-lereng gunung api, ibarat di kawasan Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Halmahera, dan Minahasa.

3. Tanah Regosol

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah regosol yaitu tanah berbutir garang dan berasal dari material gunung api.

Tanah regosol berupa tanah aluvial yang gres diendapkan dan tanah pasir. Material jenis tanah ini berupa tanah regosol, bubuk vulkan, napal, dan pasir vulkan. Tanah regosol sangat cocok ditanami padi, tebu, palawija, tembakau, dan sayuran.

Persebaran : terdapat di Bengkulu, pantai Sumatra Barat, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

4. Tanah Kapur (Mediteran)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah kapur atau tanah mediteran yaitu tanah yang terbentuk dari watu kapur yang mengalami pelapukan.

Tanaman yang hidup di kawasan kapur yaitu palawija, stepa, savana, dan hutan jati atau hutan musim.

Persebaran : Tanah kapur terdapat di kawasan perbukitan kapur Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

5. Tanah Litosol (Azonal)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah litosol yaitu tanah berbatu-batu. Bahan pembentuknya berasal dari batuan keras yang belum mengalami pelapukan secara sempurna.

Jenis tanah ini juga disebut tanah azonal. Tanaman yang sanggup tumbuh di tanah litosol yaitu rumput ternak, palawija, dan tumbuhan keras.

Persebaran : Biasanya terdapat pada kawasan yang mempunyai tingkat kecuraman tinggi ibarat di bukit tinggi, nusa tenggara barat, Jawa tengah, Jawa Barat dan Sulawesi.

6. Tanah Argonosol (Gambut)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah argonosol atau tanah gambut adalah tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan rawa yang mengalami pembusukan. Jenis tanah ini berwarna hitam sampai cokelat.

Persebaran : Tanah ini terdapat di rawa Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Tanaman yang sanggup tumbuh di tanah argonosol yaitu karet, nanas, palawija, dan padi.
7. Tanah Grumusol (Margalith)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah grumusol atau margalith yaitu tanah yang terbentuk dari material halus berlempung.

Jenis tanah ini berwarna kelabu hitam dan bersifat subur. Tanaman yang tumbuh di tanah grumosol yaitu padi, jagung, kedelai, tebu, kapas, tembakau, dan jati.
Persebaran : tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

8. Tanah Latosol

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah latosol adalah tanah yang banyak mengandung zat besi dan aluminium.Tanah ini sudah sangat bau tanah sehingga kesuburannya rendah.
Warna tanahnya merah sampai kuning sehingga sering disebut tanah merah. Tanah latosol mempunyai sifat cepat mengeras kalau tersingkap atau berada di udara terbuka disebut tanah laterit.

Tumbuhan yang sanggup hidup di tanah latosol yaitu padi, palawija, sayuran, buah-buahan, karet, sisal, cengkih, kakao, kopi, dan kelapa sawit.

Persebaran : Tanah latosol tersebar di Sumatra Utara, Sumatra Barat, lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua.

9. Tanah Entisol

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah entisol merupakan saudara dari tanah andosol namun biasaya merupakan pelapukan dari material yang dikeluarkan oleh letusan gunung berapi ibarat debu, pasir, lahar, dan lapili.
Tanah ini juga sangat subur dan merupakan tipe tanah yang masih muda. Tanah ini biasanya ditemukan tidak jauh dari area gunung berapi sanggup berupa permukaan tanah tipis yang belum mempunyai lapisan tanah dan berupa gundukan pasir ibarat yang ada di pantai parangteritis Jogjakarta.

Persebaran : tanah entisol ini biasanya terdapat disekitar gunung berapi ibarat di pantai parangteritis Jogjakarta, dan kawasan jawa lainnya yang mempunyai gunung berapi.

10. Tanah Humus

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah humus merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuh-tumbuhan. Mengandung banyak unsur hara dan mineral dan sangat subur.
Tanah Humus sangat baik untuk melaksanakan cocok tanam alasannya yaitu kandungannya yang sangat subur dan baik untuk tanaman. Tanah ini mempunyai unsur hara dan mineral yang banyak alasannya yaitu pelapukkan tumbuhan sampai warnanya agak kehitam hitaman.
 
Persebaran : Tanah ini terdapat di kawasan yang ada banyak hutan. Persebarannya di Indonesia mencakup kawasan Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua dan sebagian wilayah dari Sulawesi.

11. Tanah Inseptisol

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaInseptisol terbentuk dari batuan sedimen atau metamorf dengan warna agak kecoklatan dan kehitaman serta adonan yang agak keabu-abuan. Tanah ini juga sanggup menopang pembentukan hutan yang asri.

Ciri-ciri tanah ini yaitu adanya horizon kambik dimana horizon ini kurang dari 25% dari horizon selanjutnya jadi sangatlah unik. Tanah ini cocok untuk perkebunan ibarat perkebunan kelapa sawit.Serta untuk banyak sekali lahan perkebunan lainnya ibarat karet.

Persebaran : Tanah inseptisol tersebar di banyak sekali derah di Indonesia ibarat di sumatera, Kalimantan dan papua.

12. Tanah Laterit

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah laterit memiliki warna merah bata alasannya yaitu mengandung banyak zat besi dan alumunium. Di indonesia sendiri tanah ini tampaknya cukup fimiliar di banyak sekali daerah, terutama di kawasan desa dan perkampungan.

Tanah laterit termasuk dalam jajaran tanah yang sudah bau tanah sehingga tidak cocok untuk ditanami tumbuhan apapun dan alasannya yaitu kandungan yang ada di dalamnya pula.

Persebaran :  Kalimantan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

13. Tanah Mergel
 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah Mergel adalah tanah yang hampir sama dengan tanah kapur, jenis tanah ini juga berasal dari kapur, namun dicampur dengan banyak sekali materi lainnya yang membedakan yaitu ia lebih ibarat mirip pasir. Tanah mergel terbentuk dari batuan kapur, pasir dan tanah liat dan mengalami pembentukan dengan sumbangan hujan namun tidak merata.
Tanah ini subur dan sanggup ditanami oleh persawahan dan perkebunan. Selain itu juga terdapat banyak mineral dan air di dalamnya.

Persebaran : banyak terdapat di kawasan dataran rendah ibarat di Solo (Jawa Tengah), Madiun dan Kediri (Jawa Timur).

14. Tanah Oxisol

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah oxisol merupakan tanah yang kaya akan zat besi dan alumunium oksida. Tanah jenis ini juga sering kita temui di kawasan tropis di Indonesia dari kawasan desa sampai perkotaan.
Ciri-ciri dari tanah oxisol ini antara lain yaitu mempunyai solum yang dangkal dan ketebalannya hanya kurang dari 1 meter saja. warnanya merah sampai kuning dan mempunyai tekstur halus ibarat tanah liat.

Persebaran : Biasanya terdapat di kawasan beriklim tropis berair dan cocok untuk perkebunan subsisten ibarat tebu, nanas, pisang dan tumbuhan lainnya.

15. Tanah Padas

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah padas sebenarnya tidak juga sanggup dibilang sebagai tanah alasannya yaitu sangat keras hampir ibarat dengan batuan.
Hal ini dikarenakan kandungan air didalamnya hampir tidak ada alasannya yaitu tanah padas sangat padat bahkan tidak ada air. Unsur hara yang ada di dalamnya sangat rendah dan kandungan organiknya sangat rendah bahkan hampir tidak ada. Tanah padas tidak cocok dipakai untuk bercocok tanam.

Persebaran : Jenis tanah ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia secara merata.
16. Tanah Pasir
 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah Pasir Seperti dengan namanya tanah pasir merupakan pelapukan dari batuan pasir.  Tanah ini biasanya banyak di kawasan sekitar pantai atau kawasan kepulauan.
Tanah pasir tidak mempunyai kandungan air dan mineral alasannya yaitu teksturnya yang sangat lemah. Tanah pasir akan sangat gampang ditemukan di kawasan yang berpasir di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia yaitu salah satu negara dengan jumlah tanah pasir terluas di dunia. Jenis tumbuhan yag cocok untuk tanah ini yaitu umbi-umbian.

Persebaran : Hampir seluruh wilayah di Indonesia mempunyai persebaran tanah pasir.

17. Tanah Podsol 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah podsol mempunyai banyak sekali adonan tekstur mulai pasir sampai bebatuan kecil.

Ciri-ciri dari tanah podsol antara lain tidak mempunyai perkembangan profil, warnanya kuning sampai kuning keabuan serta mempunyai tekstur pasir sampai lempung. Kandungan organiknya sangat rendah alasannya yaitu terbentuk dari curah hujan yang tinggi tapi suhunya rendah.

Persebaran : tanah ini antara lain mencakup Kalimantan utara, Sulawesi utara dan papua serta kawasan lainnya yang tidak pernah kering alias selalu basah.

18. Tanah Podsolik Merah Kuning 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnya
Tanah Podsolik merak kuning ini sangat gampang ditemukan di seluruh wilayah Indonesia alasannya yaitu persebarannya yang hampir rata.

Tanah ini bewarna merah sampai kuning dan kandungan organic serta mineralnya akan sangat gampang mengalami pembersihan oleh air hujan. Oleh alasannya yaitu itu untuk menyuburkan tanah ini harus ditanami tumbuhan yang menawarkan zat organic untuk kesuburan tanah serta pupuk baik hayati maupun hewani.

Persebaran : Tanah ini sanggup dipakai untuk perkebunan dan persawahan serta sanggup ditemukan di Sumatera, Sulawesi, Papua, Kalimantan dan Jawa terutama jawa potongan barat.

19. Tanah Liat 

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Persebaran 19 Jenis / Macam Tanah di Indonesia dan gambarnyaTanah liat adalah jenis tanah yang terdiri dari adonan dari aluminium serta silikat yang mempunyai diameter tidak lebih dari 4 mikrometer. Tanah liat terbentuk dari adanya proses pelapukan batuan silika yang dilakukan oleh asam karbonat dan sebagian diantaranya dihasilkan dari kegiatan panas bumi. Tanah liat tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia secara merata. Biasanya dipakai untuk menciptakan kerajinan sampai keperluan lainnya. Tanah liat biasanya mempunyai warna bubuk abu pekat atau hampir mengarah ke warna hitam, biasanya terdapat di potongan dalam tanah ataupun di potongan permukaan.

Persebaran : Tanah liat hampir tersebar secara merata di seluruh wilayah di Indonesia, hanya yang membedakannya yaitu kedalaman tanah tersebut.

Keadaan Tanah di Indonesia


Kondisi tanah di Indonesia dikenal dengan kesuburannya sehingga dikala ditanami suatu tumbuhan senantiasa tumbuh dan menawarkan manfaat kepada pemiliknya. Suatu tanah dikatakan subur apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1) banyak mengandung unsur hara atau zat-zat yang dibutuhkan tumbuhan untuk pertumbuhannya;
2) cukup mengandung air yang mempunyai kegunaan untuk melarutkan unsur hara biar sanggup diserap oleh akar tumbuhan;
3) struktur tanahnya baik, artinya susunan butir-butir tanah tidak terlalu padat dan tidak terlalu lenggang.

Cara Merawat Tanah


Pendekatan konsep geografi yang benar akan memudahkan dalam merawat tanah. Tanah merupakan lapisan bumi yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Oleh alasannya yaitu itu sangat wajib untuk merawat tanah supaya lebih subur dan tidak gampang rusak alasannya yaitu sanggup menjadi penyebab banjir atau peristiwa lainnya ibarat abrasi tanah dan tanah longsor. Cara yang sanggup dilakukan antara lain:
  • Melakukan pemupukan
Pemupukan yang harus dilakukan tidaklah memakai pupuk kimia namun memakai materi organic. Seperti dengan menanami tanah dengan tumbuhan dan nantinya tumbuhan akan menghasilkan kandungan yang dibutuhkan oleh tanah. Jadi, jangan segan untuk menanam pohon ya, selain baik untuk alam alasannya yaitu memproduksi oksigen juga sangat baik untuk keberlangsungan kehidupan manusia.
  • Rotasi Tanaman
Lakukanlah rotasi tumbuhan supaya tanah tidak kehilangan keseimbangannya alasannya yaitu diambil beberapa zat nya saja sedangkan zat lainnya tetap ada. Rotasilah tumbuhan supaya tanah juga sanggup menjadi lebih subur.
  • Mengolah Sampah
Bila anda mempunyai sampah plastic kalau sudah tidak sanggup didaur ulang sebaiknya untuk membakarnya saja. hal ini dikarenakan plastik tidak gampang diuraikan dan membutuhkan waktu usang sampai 100 tahun. Jadi, sanggup dibayangkan kalau anda membuang sampah plastik sembarangan dan alhasil pada kesuburan tanah.
Tanah yaitu nyawa seluruh penduduk bumi, ia juga merupakan penopang langkah kita berpijak di bumi. Oleh alasannya yaitu itu ia wajib kita jaga bersama sama.

Sumber : 
https://arahangindunia.blogspot.com//search?q=pengertian-jenis-macam-tanah-di-indonesia-persebaran-dan-gambarnya
http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/jenis-jenis-tanah

Demikianlah artikel tentang pengertian tanah; persebaran jenis / macam-macam tanah di Indonesia berserta  ciri-ciri, karakteristik dan gambarnya; keadaan tanah di Indonesia; dan cara merawat tanah yang sanggup kami bagikan. Semoga membantu