Cara Kerja Bel Listrik Sederhana Beserta Gambarnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan wacana Bel Listrik yang mencakup cara kerja bel listrik, bel listrik sederhana, cara menciptakan bel listrik sederhana, bel otomatis, fungsi bel listrik, cara kerja bel listrik beserta gambarnya, fungsi elektromagnetik pada bel listrik, jelaskan cara kerja bel listrik, manfaat dan kegunaan bel listrik.

Prinsip Elektromagnet dalam Bel Listrik

Pernahkah kau melihat bel listrik? Perhatikan denah bel listrik pada Gambar di bawah ini. Bel listrik terdiri atas beberapa bagian, adalah sebagai berikut.

a. Besi berbentuk aksara U yang dililit kawat berfungsi sebagai magnet ketika diberi arus listrik.

b. Interuptor yang berfungsi sebagai pemutus arus.

c. Jangkar besi lunak yang dihubungkan dengan pegas baja.

d. Besi yang berfungsi sebagai bel.

e. Saklar tekan.

f. Baterai sebagai sumber tegangan.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana Bel Listrik yang mencakup cara kerja bel listrik Cara Kerja Bel Listrik Sederhana beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: (a) Bel Listrik dan (b) Skema Bel Listrik

Cara Kerja Bel Listrik

Nah, sesudah kau mengetahui bagian-bagian bel listrik, tahukah kau bagaimana cara bel listrik tersebut bekerja?

Ketika saklar ditekan, arus listrik dari baterai mengalir melalui interuptor kemudian menuju pegas baja dan hasilnya hingga di kumparan.

Ketika kumparan dialiri arus listrik, kumparan tersebut menjadi magnet (elektromagnet) dan menarik jangkar besi lunak sehingga jangkar tersebut memukul bel dan menghasilkan bunyi.

Sesaat sesudah jangkar besi lunak ditarik oleh elektromagnet, arus listrik yang mengalir melalui interuptor terputus.

Terhentinya arus listrik yang mengalir menuju kumparan menyebabkan kumparan kehilangan sifat kemagnetannya sehingga pegas baja menarik jangkar besi lunak pada keadaan semula.

Setelah kembali ke kedudukan semula, interuptor terhubung kembali dengan arus listrik dari baterai sehingga kumparan menjadi magnet dan proses yang sama akan terulang kembali.

Proses ini terjadi secara berulang-ulang sehingga bel terus menghasilkan suara hingga saklar kembali ditekan untuk memutuskan arus dari baterai.