Kelainan Dan Gangguan Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal gangguan pada sistem peredaran darah, penyakit pada sistem peredaran darah, kelainan pada sistem peredaran darah.

Macam-macam Kelainan pada Peredaran Darah

Alat peredaran sanggup mengalami gangguan atau kelainan. Biasanya disebabkan lantaran tumpuan hidup yang tidak sehat, lantaran penyakit, kerusakan organ, atau lantaran faktor keturunan. Beberapa kelainan pada sistem peredaran darah ialah sebagai berikut.

a. Anemia

Anemia merupakan keadaan tubuh yang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Kadar hemoglobin yang rendah menimbulkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh akan terasa lesu, kepala pusing, dan muka pucat.

Perdarahan yang berat juga sanggup menjadikan anemia. Selain itu anemia sanggup terjadi akhir terganggunya produksi eritrosit.

b. Serangan jantung

Serangan jantung ditandai dengan sakit pada belahan dada, gelisah, pucat, dan kulit terasa dingin. Serangan jantungnya jago dan tidak segera menerima donasi sanggup menimbulkan gagalnya jantung memompa darah.

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terkena serangan jantung ialah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, merokok, penyakit diabetes melitus, kegemukan, dan kurang olahraga.
Gambar: Varises

c. Varises

Varises yaitu pelebaran pembuluh vena terutama di belahan kaki. Pada varises yang parah, pembuluh vena tampak melebar dan berkelok-kelok. Varises disebabkan oleh cacat/ kerusakan pada katup vena semenjak lahir.

Varises juga sering terjadi lantaran bertambahnya beban vena akhir terlalu banyak berdiri, kehamilan, dan sebagainya. Pelebaran vena pada belahan anus disebut wasir atau ambeian.

d. Tekanan darah rendah (hipotensi)

Hipotensi yaitu keadaan tekanan darah yang di bawah normal. Gejala hipotensi ialah lesu, pusing, dan gangguan penglihatan, bahkan hingga pingsan. Penyebabnya sanggup lantaran terlalu banyak meminum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan pendarahan.

e. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Hipertensi yaitu keadaan tekanan darah yang melebihi tekanan normal. Penyebab hipertensi ialah nikotin pada rokok, faktor keturunan, stress, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga, dan kelebihan obat-obatan.