Manfaat Dan Kegunaan Transformator (Trafo) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan pembahasn perihal penggunaan trafo, manfaat trafo, penggunaan transformator, manfaat transformator, kegunaan trafo, dan kegunaan transformator.

Setelah kau memahami prinsip kerja transformator, tahukah kau bagaimana penerapan prinsip transformator dalam kehidupan sehari-hari? Agar kau memahaminya pelajarilah pembahasan berikut dengan baik!

Kegunaan Trafo Step Down

Transformator step down atau transformator yang tegangan sekundernya lebih kecil daripada tegangan primernya sering dipakai dalam alat-alat elektronik, ibarat radio, televisi, CD player, tape, dan lain-lain. Alat-alat ini membutuhkan tegangan listrik cukup rendah, adalah antara 3 V – 20 V arus searah (DC).

Jika kau perhatikan, alat-alat listrik tersebut sering dihubungkan pribadi dengan listrik PLN yang memiliki tegangan 220 V arus bolak-balik (AC). Mengapa peralatan tersebut tidak rusak/terbakar?

Di dalam peralatan elektronik tersebut terdapat transformator step down yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik.

Selain transformator, juga terdapat unit penyearah tegangan, sehingga arus bolak-balik (AC) pada listrik PLN sanggup menjelma arus searah (DC) yang diharapkan peralatan elektronik tersebut.

Transformator step up atau transformator yang tegangan sekundernya lebih besar daripada tegangan primernya banyak dipakai dalam pesawat televisi atau monitor komputer untuk menghasilkan tegangan yang sangat tinggi.

Tegangan ekstra tinggi ini diharapkan untuk mengaktifkan tabung sinar katoda (CRT). Jika CRT diberi tegangan ekstra tinggi, akan terpancar elektron. Pancaran elektron yang terus menerus dengan intensitas yang berubah-ubah akan diterima pada layar pesawat televisi sebagai gambar bergerak.

Kegunaan Trafo Step Up

Transformator step up juga dipakai pada lampu TL (lampu neon) untuk menaikkan tegangan listrik. Tegangan tinggi ini dihubungkan ke elektroda lampu TL diberi tenganan tinggi, akan terpancar elektron.

Pancaran elektron akan menumbuk gas yang ada dalam tabung sehingga menghasilkan sinar ultraviolet.

Sinar ini akan memancar ke segala arah dan menumbuk lapisan fosfor pada dinding beling tabung, sehingga menghasilkan sinar putih yang terang.

Pada kendaraan bermotor, transformator step up dipakai dalam koil untuk menaikkan tegangan listrik. Tegangan listrik ekstra tinggi ini disalurkan ke busi sehingga menghasilkan loncatan bunga api di dalam ruang bakar.

Loncatan bunga api akan memperabukan materi bakar yang telah dicampur dengan udara, sehingga timbul ledakan yang mendorong piston untuk bergerak. Gerakan piston kemudian diubah menjadi gerak berputar untuk menjalankan kendaraan bermotor.

Trafo Step Up pada PLN

Selain dipakai dalam alat elektronika, transformator juga sering dipakai dalam penyaluran listrik dari sentra pembangkit hingga ke rumah-rumah atau sering disebut transmisi daya listrik jarak jauh.
Berikut ini merupakan pembahasn perihal penggunaan trafo Manfaat dan Kegunaan Transformator (Trafo) dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Transmisi Daya Listrik Jarak Jauh

Pembangkit listrik umumnya terletak jauh dari perkotaan dan pemukiman. Di sentra pembangkit tenaga listrik, dihasilkan listrik dengan arus yang besar namun tegangannya tidak terlalu tinggi (sekitar 3.000 volt).

Untuk keperluan transmisi listrik jarak jauh, tegangan listrik dinaikkan memakai trafo step-up menjadi 150.000 volt. Mengapa penyaluran listrik jarak jauh harus meng-gunakan tegangan tinggi?

Di negara kita, PLN menyalurkan daya listrik dari sentra pembangkit hingga ke rumah-rumah dengan memakai kabel-kabel yang dibentangkan di udara.

Panjang kabel ini sanggup mencapai ratusan kilometer. Hal ini sanggup menjadikan kendala yang sangat besar sehingga energi listrik banyak yang hilang.

Nah, untuk mengurangi hilangnya energi listrik, harus diusahakan semoga arus listrik yang mengalir melalui kabel listrik sekecil mungkin. Untuk menghasilkan arus listrik yang kecil, pembangkit listrik harus menghasilkan tegangan yang besar. Hal ini sesuai dengan persamaan:

Daya yang hilang di perjalanan (transmisi) sanggup dihitung dengan rumus:

Dari Persamaan tersebut, kau sanggup mengamati bahwa untuk mempertahankan daya listrik dan memperkecil arus listrik, maka tegangan listrik harus dinaikkan (karena nilai V berbanding terbalik dengan nilai I).

Berdasarkan uraian tersebut, maka PLN menyalurkan listrik sesudah tegangannya dinaikkan memakai transformator step up semoga arus listrik yang dialirkan kecil sehingga mengurangi energi yang hilang.

Transformator ini menaikkan tegangan yang dihasilkan oleh generator besar di sentra pembangkit menjadi sekitar 150. 000 volt.

Selain itu sanggup memperkecil energi listrik yang hilang dalam perjalanan, arus listrik yang rendah sanggup ditransmisikan melalui kawat yang kecil sehingga biaya pengadaan sarana transmisi listrik menjadi lebih murah.

Listrik tegangan tinggi ini kemudian disalurkan menuju kota-kota yang letaknya jauh dari sentra pembangkit.

Trafo Step Down pada PLN

Sebelum masuk kota, tegangan listrik diturunkan kembali dengan memakai trafo step-down di gardu induk menjadi sebesar 20.000 volt.

Sebelum disalurkan ke industri atau rumah tangga pelanggan, tegangan listrik kembali diturunkan dengan trafo step-down di gardu listrik menjadi sebesar 220 volt. Untuk keperluan menurunkan tegangan listrik ini diharapkan transformator step down.