Pengertian Dan Fungsi Serta Letak Sistem Peredaran Kelenjar Getah Bening (Limfa)

Seringkali kita mendengan istilah penyakit kelenjar getah bening, kanker kelenjar getah bening, pembesaran kelenjar getah bening, penyakit getah bening, infeksi kelenjar getah bening, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, pembengkakan kelenjar getah bening, cara mengobati kelenjar getah bening, obat kelenjar getah bening di leher, obat herbal kelenjar getah bening, dan obat kanker kelenjar getah bening.

Pembahasan kali ini kita akan menjelaskan perihal Sistem Peredaran Getah Bening, pengertian Sistem Peredaran Getah Bening, fungsi Sistem Peredaran Getah Bening, pengertian limfa.

Pengertian Kelenjar Getah Bening

Selain sistem peredaran darah, insan juga memiliki sistem peredaran getah bening (limfa) yang keduanya berperan dalam sistem transportasi.

Sistem limfa berkaitan akrab dengan sistem peredaran darah. Sistem limfa terdiri dari cairan limfa, pembuluh limfa, dan kelenjar limfa.
Kelenjar getah bening ialah gumpalan jaringan, kira-kira seukuran kacang dan merupakan ‘rumah’ bagi banyak sel darah putih. Kelenjar ini terdapat di seluruh tubuh dan merupakan bab penting dari sistem kekebalan badan manusia.

Funsi Sistem Peredaran Geteh Bening

Fungsi sistem peredaran getah bening ialah sebagai berikut.

1. Untuk sistem pertahanan tubuh.

2. Mengangkut kembali cairan tubuh, cairan plasma darah, sel darah putih yang berada di luar pembuluh darah, dan mengangkut lemak dari usus ke dalam sistem peredaran darah.

Cairan limfa mengandung sel-sel darah putih yang berfungsi mematikan basil penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Cairan ini keluar dari pembuluh darah dan mengisi ruang antarsel sehingga membasahi seluruh jaringan tubuh.

Pembuluh limfa memiliki banyak katup dan terdapat pada semua jaringan tubuh, kecuali pada sistem saraf pusat. Pembuluh limfa dibedakan menjadi dua macam yaitu pembuluh limfa kanan dan pembuluh limfa kiri.

Pembuluh limfa kanan berfungsi menampung cairan limfa yang berasal dari tempat kepala, leher bab kanan, dada kanan, dan lengan kanan. Pembuluh ini bermuara pada vena yang berada di bawah selangka kanan.

Pembuluh limfa kiri berfungsi menampung getah bening yang berasal dari tempat kepala, leher kiri, dada kiri, dan lengan kiri serta badan bab bawah. Pembuluh ini bermuara pada vena di bawah selangka kiri.
Seringkali kita mendengan istilah penyakit kelenjar getah bening Pengertian dan Fungsi serta Letak Sistem Peredaran Kelenjar Getah Bening (Limfa)
Gambar: Sitem peredaran getah bening

Letak kelenjar getah bening (limfa)

Kelenjar limfa berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih dan menjaga biar tidak terjadi infeksi lebih lanjut. Kelenjar limfa terdapat di sepanjang pembuluh limfa, terutama terdapat pada pangkal paha, ketiak, dan leher.

Alat badan yang memiliki fungsi yang sama dengan kelenjar limfa yaitu limpa dan tonsil. Limpa merupakan sebuah kelenjar yang terletak di belakang lambung dan berwarna ungu.

Fungsinya antara lain sebagai tempat penyimpanan cadangan sel darah, membunuh basil penyakit, pembentukan sel darah putih dan antibodi, dan tempat pembongkaran sel darah merah yang sudah mati.

Tonsil atau amandel terletak di bab kanan dan kiri pangkal tenggorokan. Tonsil yang berada di belakang anak tekak yaitu di dalam rongga hidung disebut polip hidung. Fungsi tonsil ialah untuk mencegah infeksi yang masuk melalui hidung, mulut, dan tenggorokan.