Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Pola Tanda-Tanda Alam Abiotik

Berikut ini ialah pembahasan wacana tanda-tanda alam abitik yang mencakup pengertian Gejala Alam ABiotik, pola Gejala Alam ABiotik, macam macam Gejala Alam ABiotik, jenis jenis Gejala Alam ABiotik, 10 pola tanda-tanda alam abiotik, pola tanda-tanda alam kebendaan abiotik, 5 pola tanda-tanda alam abiotik, 10 pola tanda-tanda alam abiotik download, sifat sifat gelajal alam abiotik.

Pengertian Gejala Alam Abiotik

Pada pembahasan sebelumnya telah disebutkan definisi dan pola tanda-tanda alam biotik, nah pada pembahasan ini akan dijelaskan wacana tanda-tanda alam abiotik. Apakah yang dimaksud dengan tanda-tanda alam abiotik?
Gejala alam abiotik ialah tanda-tanda alam yang ditunjukkan oleh benda mati sebagai penanda bahwa benda tersebut merupakan komponen abiotik. Dengan kata lain, kita sanggup menyebut tanda-tanda alam abiotik ini sebagai ciri-ciri dari benda mati.

Macam-macam Gejala Alam Abiotik

Gejala alam abiotik berkaitan dengan sifat fisik dan kimia di luar makhluk hidup, contohnya hujan, pelapukan, erosi, ledakan, dan sebagainya. Beberapa karakteristik atau sifat tanda-tanda alam abiotik antara lain sebagai berikut.

a. Wujud

Benda abiotik sanggup dibedakan wujudnya, yaitu ada yang berwujud padat, cair, dan gas. Ketika mendefinisikan wujud, kau harus menyebutkan suhunya alasannya ialah wujud zat dipengaruhi oleh suhu.

Misalnya air berwujud padat pada suhu 0°C, pada suhu kamar berwujud cair, dan kalau dipanaskan sanggup berubah wujud menjadi gas. Perubahan wujud merupakan pola tanda-tanda alam insiden pada objek abiotik.

b. Bentuk

Semua benda abiotik memiliki bentuk yang sanggup kau gunakan sebagai cara mengenali benda tersebut. Kertas, pensil, tas, dan buku memiliki bentuk yang berbeda sehingga dengan gampang kau membedakan satu dengan lainnya.

c. Warna

Gejala alam abiotik sanggup diamati karakteristik warnanya, contohnya tanah ada yang berwarna merah, coklat, hitam, dan putih.

d. Ukuran

Benda abiotik memiliki ukuran yang sanggup diukur, diamati dan dibandingkan dengan benda lain. Ukuran benda abiotik sanggup berupa ukuran panjang, berat, suhu, berat jenis, dan sebagainya.

e. Bau

Gejala alam abiotik sanggup dicirikan menurut baunya. Dari baunya kau sanggup mengenal zat belerang, ammonia, tawas, atau yang lain. Meskipun amis merupakan salah satu cara mengenal suatu bahan, namun tidak semua materi kondusif untuk dihirup uap/baunya guna mengetahui jenis materi itu.

f. Rasa

Beberapa benda abiotik sanggup diketahui menurut rasanya. Contohnya gula rasanya manis, cuka berasa asam, sedangkan garam rasanya asin. Namun demikian karakteristik ini hanya terbatas pada benda yang sudah dikenal atau diyakini kondusif untuk dicoba.

g. Tekstur

Tekstur merupakan halus kasarnya permukaan suatu benda. Karakteristik benda abiotik sanggup dikenali dari teksturnya. Tanpa membuka mata, tentu kau sanggup membedakan antara pasir dan tepung dari teksturnya.