Pengertian Dan Pola Batuan Beku Serta Macam-Macam Jenis Batuan Beku

Berikut ini merupakan pembahasan wacana definis atau pengertian batuan beku, teladan batuan beku, macam-macam batuan beku, jenis jenis batuan beku, teladan batuan beku dalam, teladan batuan beku luar.

Secara garis besar batuan di permukaan bumi (kerak bumi) sanggup dibedakan menjadi tiga menurut proses pembentukannya, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.

Pengertian Batuan Beku

Batuan beku merupakan batuan keras yang terbentuk dari magma yang keluar dari perut bumi dan membeku alasannya yaitu mengalami proses pendinginan. Karena itu, batuan beku juga disebut sebagai bekuan.

Macam-macam Jenis Batuan Beku menurut Tempat keluarnya magma

Batuan beku sanggup dibedakan menurut daerah magma yang keluar membeku menjadi tiga jenis.

1) Batuan beku dalam

Batuan beku dalam yaitu merupakan hasil pembekuan magma di bab dalam perut bumi, bahkan di dalam dapur magma. Karena proses pendinginan yang terjadi berlangsung sangat lambat, maka dihasilkan hablur minera yang tepat (teratur). 
Contoh batuan beku dalam antara lain sienit, granit, diorit, dan gabro.

2) Batuan beku luar

Batuan beku luar yaitu terbentuk alasannya yaitu adanya proses pembekuan magma pada permukaan bumi. Biasanya proses pembentukan batuan ini terjadi secara cepat akhir penurunan suhu yang mendadak. 
Contoh batuan beku dalam antara lain obsidian, liparit, trachit, desit, andesit, dan basalt.

3) Batuan beku korok

Batuan beku korok yaitu terbentuk alasannya yaitu proses penyusupan magma pada celah-celah litosfer bab atas dan lalu membeku. Oleh karenanya, posisi batuan beku korok biasanya bersahabat dengan permukaan bumi. Batuan beku jenis ini juga mengkristal. 
Beberapa contoh batuan beku korok antara lain porfir granit, porfir diorit, dan ordinit.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana definis atau pengertian batuan beku Pengertian dan Contoh Batuan Beku serta Macam-macam Jenis Batuan Beku
Gambar: Contoh Batuan Beku

Macam-macam Jenis Batuan Beku menurut Teksturnya

Di alam, kita sanggup membedakan empat macam batuan beku menurut teksturnya, yaitu sebagai berikut.

1) Batuan granitoid, yaitu semua batuan yang butir-butir mineralnya cukup besar untuk sanggup dikenal dengan mata biasa (megaskopis).

2) Batuan felsitoid, (aphanit) yaitu batuan yang tersusun terutama atau seluruhnya atas butir-butir mineral kecil yang hanya sanggup dikenal bila dilihat dengan sumbangan lensa berpengaruh (mikroskopis).

3) Batuan gelas, yaitu batuan yang tersusun seluruhnya atau sebagian besar atas materi gelas yang berkilap kaca.

4) Batuan pecahan (fragment), yaitu batuan yang tersusun terutama atas materi yang dikeluarkan vulkan.