Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Artikel ihwal tentang Teks Rekon mencakup Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Teks Rekon (Cerita Ulang)

 
Pengertian Teks Rekon


Teks rekon ialah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa kemudian secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau sanggup keduanya.

Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi ialah dongeng ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) ialah dongeng ulang yang memuat kejadian faktual ibarat eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
  3. Rekon imajinatif ialah dongeng ulang yang memuat dongeng imajinatif dengan lebih detil.

Tujuan Teks Rekon

Untuk menceritakan kejadian atau serangkaian kejadian yang terjadi di masa lampau,

Struktur Generik Teks Rekon :
  1. Orientasi
  2. Kejadian (-kejadian)
  3. Reorientasi
Fitur Bahasa yang Dominan:
  1. Penggunaan keterangan waktu definit; kemarin, lusa, tahun lalu
  2. Penggunaan partisipan personal; saya, kami, regu saya, dst
  3. Penggunaan konektor kronologis seperti; pertama, kemudian, dst
  4. Penggunaan kata kerja aksi
  5. Penggunaan kata sifat
Contoh Teks Rekon : 

GEMPA BUMI

Saya akan menceritakan pengalaman saya yang terjadi ahad kemarin yang berafiliasi dengan gempa bumi. Ketika gempa bumi terjadi, saya sedang mengendarai mobil. Waktu itu saya berada dalam perjalanan pulang dari Bali.

Tiba-tiba saya mencicipi adanya hentakan keras pada kendaraan beroda empat saya. Saya pikir waktu itu ban kendaraan beroda empat saya meletus. Saya tidak sadar kalau ketika itu sedang terjadi gempa bumi. Saya gres sadar ketika saya melihat tiang listrik dan telepon yang ada di kanan kiri saya ambruk, berjatuhan ibarat batang korek api yang ringan. Saya juga melihat batu-batu besar awut-awutan di sepanjang jalan. Mobil saya terperangkap di tengah batu-batu yang awut-awutan tersebut. Saya tidak sanggup menggeser kendaraan beroda empat saya ke depan maupun ke belakang alasannya ialah batu-batu tersebut merintangi jalan saya. Sepertinya tidak ada satupun yang sanggup saya lakukan untuk meneruskan perjalanan. Karena putus asa, saya tinggalkan kendaraan beroda empat saya dan menentukan berjalan kaki menuju rumah.

Sesampainya di kampung halaman saya, saya terkejut alasannya ialah tidak ada satupun yang tersisa. Semuanya rata dengan tanah. Gempa bumi tersebut ternyata menciptakan kerusakan yang demikian besar pada kampung saya. Meskipun demikian, saya bersyiukur alasannya ialah tidak ada satupun keluarga maupun warga kampung saya yang terluka serius.



Demikian artikel tentang Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya) yang sanggup kami sampaikan. Semoga sanggup menambah referensi.