Cara Menciptakan Pestisida Organik (Alami) Atau Biopestisida Dari Daun Pare

Bila isu terkini hujan tiba, kau harus waspada terhadap serangan nyamuk. Penyakit demam berdarah sering melanda pada awal isu terkini penghujan. Kamu sanggup memakai abate untuk membasmi larva nyamuk. Kalau tidak ada, kau sanggup memakai daun pare.

Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Heri Kristanto dan Endah Silfiyanti menemukan daun pare (Momordica charantia) mempunyai efek larvasida (dapat membunuh larva).

Penemuan itu didorong oleh cita-cita Heri dan Endah untuk menemukan pembasmi nyamuk demam berdarah yang ramah lingkungan.

Selama ini masyarakat banyak yang memakai zat kimia buatan untuk membasmi nyamuk. Padahal cara itu memberi dampak jelek terhadap kesehatan. Akhirnya mereka menemukan bahwa daun pare mempunyai efek antilarva yang kuat.

Kemampuan ini diduga disebabkan lantaran adanya zat momordicin pada daun pare. Zat ini juga yang menciptakan buah pare terasa pahit. (Sumber: Tempo, 13 – 19 November 2006)
 kau harus waspada terhadap serangan nyamuk Cara Membuat Pestisida Organik (Alami) atau Biopestisida dari Daun Pare
Gambar: Biopestisida dari Daun Pare

Kata Kunci: Biopestisida, pestisida nabati, bioinsektisida, pestisida organik, budidaya tanaman pare, cara menciptakan pestisida organik, tanaman biopestisida, dan cara menciptakan pestisida alami.