Bagian-Bagian Lidan Dan Hidung Beserta Fungsinya Sebagai Indra Lidah Dan Pembau

Indera Perasa (Pengecap)

Lidah merupakan indera perasa. Selain membantu proses pencernaan, pengecap juga sanggup mencicipi rasa makanan. Permukaan pengecap berangasan alasannya terdapat tonjolan yang disebut papila. Papila ini berfungsi untuk mengecap.

Ada empat macam rasa kecapan, ialah rasa manis, pahit, asam, dan asin. Umumnya, masakan mempunyai ciri harum dan ciri rasa. Ciri harum merangsang ujung saraf penciuman, bukan pengecapan.

Agar sanggup dirasakan, semua masakan harus menjadi cairan dan harus bersentuhan dengan ujung saraf yang bisa mendapatkan rangsangan berbeda-beda.

Reseptor rasa bagus dan asin terdapat di ujung lidah, rasa pahit di pangkal lidah, dan untuk rasa asam ada di sisi pengecap bab dalam.
 pengecap juga sanggup mencicipi rasa masakan Bagian-bagian Lidan dan Hidung beserta Fungsinya sebagai Indra Pengecap dan Pembau
Gambar Bagian-bagian Lidan dan Fungsinya

Indera Penciuman

Indera penciuman terdapat di rongga hidung. Sel-sel sensori peserta rangsang berupa anyir terdapat di lapisan epitel dalam rongga hidung dan dilindungi oleh mukus (lendir). Di simpulan setiap sel sensori terdapat silia atau rambut pembau.

Rasa penciuman dirangsang oleh gas yang terhirup. Rasa penciuman ini sangat peka, tetapi kepekaan ini gampang hilang jika dihadapkan pada suatu anyir yang sama untuk waktu yang lama.

Rasa penciuman akan melemah jika kau sedang flu alasannya terdapat penumpukan cairan yang menghalangi silia untuk membaui sesuatu.