Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga Dan Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal kehidupan dalam rumah tangga, materi kimia dalam kehidupan sehari-hari, materi pembersih rumah tangga, materi kimia pewangi, zat kimia dalam rumah tangga, materi kimia dalam makanan, kimia industri, dan materi kimia pembasmi serangga.

Detergen merupakan salah satu pola materi kimia yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain detergen, materi kimia apalagi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari? Apa kegunaan dan efek samping materi kimia tersebut? Kamu sanggup menemukan jawabannya sehabis mempelajari pembahasan ini.

Beberapa di antara kau pernah mendengar mengenai bahan-bahan kimia yang sering dipakai oleh insan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, sebagai materi pengawet dalam makanan, peracikan obat-obatan, dan yang paling sering kita dengar yaitu dipakai sebagai materi peledak.

Bahan-bahan kimia tersebut akan membahayakan kalau kita menggunakannya untuk hal-hal yang negatif. Akan tetapi, tanpa kita sadari banyak materi kimia yang bermanfaat dalam kehidupan ini.

Misalnya, ketika kita mandi, sabun mandi dan pasta gigi yang kita gunakan mengandung materi kimia. Selain itu, detergen dan pewangi pakaian yang kita pakai juga memakai materi kimia dalam proses pembuatannya. Ayo cermati uraian berikut ini.

A. Bahan Kimia Pembersih

Tahukah kau kalau sabun dan detergen yang kau gunakan sehari-hari terbuat dari materi kimia? Sabun dan detergen merupakan sebagian saja dari sekian banyak pembersih yang dipakai oleh manusia.

Sabun biasanya dipakai untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel, menyerupai debu, minyak, keringat, dan lain-lain. Sedangkan, detergen biasanya dipakai untuk membersihkan pakaian yang kotor. Baca Selengkapnya....

B. Bahan Kimia Pemutih

Selain detergen, ada juga materi kimia lain yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada pakaian, yaitu pemutih. Pemutih berfungsi untuk menghilangkan noda yang tidak hilang dengan memakai detergen.

Pemutih ini mengandung materi kimia aktif natrium hypoklorit (NaOCl) kurang lebih 5%, yang berfungsi untuk mengoksidasi noda yang melekat pada pakaian sehingga tidak tampak lagi pada pakaian. Selain menghilangkan noda, pemutih juga sanggup memudarkan warna pakaian. Baca Selengkapnya....
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal kehidupan dalam rumah tangga Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari
Skema: Bahan Kimia dalam Rumah Tangga dan Kehidupan Sehari-hari

C. Bahan Kimia Pewangi

Pewangi merupakan materi kimia yang paling sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yang mempunyai bermacam-macam jenis kegunaan, sanggup dipakai sebagai pewangi makanan, ruangan, pakaian, dan tubuh. Beberapa pewangi hasil ekstraksi penggalan tumbuhan tersaji dalam tabel berikut ini.

Pewangi sanggup diperoleh pribadi dari bahan-bahan alami dan hasil sintesis. Salah satunya yaitu parfum. Parfum merupakan pewangi yang paling bersahabat dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Parfum dengan merek populer biasanya tidak mencantumkan rumus materi aktifnya alasannya khawatir akan ditiru oleh para pesaing dagangnya.

Kamu perlu tahu bahwa untuk pembuatan parfum dan deodoran dibutuhkan materi adonan lain, menyerupai alkohol sebagai propelan dan pelarut. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaannya lebih mudah.

Ketika parfum disemprotkan ke penggalan tubuh, alkohol akan menguap ke udara dan parfum murni akan melekat ke tubuh atau pakaian.

Pada deodoran, selain mengandung materi pewangi juga mengandung tawas, menyerupai aluminium klorid heksahidrat. Hal ini dimaksudkan supaya ketika keringat keluar, zat aksesori ini akan berfungsi sebagai pembunuh kuman-kuman penyebab anyir badan.

Selain alkohol dan tawas, ada beberapa pewangi yang memakai materi propelan lain yang sanggup mencemari udara.

Karena apabila propelan tersebut bercampur dengan udara, lalu masuk ke dalam lapisan atmosfer, maka akan menyebabkan rusaknya lapisan ozon (suatu lapisan yang melindungi kita dari banyak sekali sinar yang berenergi tinggi sehingga sanggup merugikan manusia, contohnya sinar ultra violet).

Oleh alasannya itu, kita harus sanggup selektif dalam menentukan produk parfum, jangan hingga mengandung materi kimia yang sanggup mencemari udara dan membahayakan tubuh kita.

D. Pembasmi Hama (Pestisida)

Tanaman tidak akan lepas dari gangguan luar. Gangguan ini banyak jenisnya. Cara penanggulangannya pun berbeda-beda dan banyak cara (cara fisik, cara biologi, cara kimia, dan lain-lain).

Pada kesempatan ini, kau akan mempelajari cara penanggulangan gangguan-gangguan tersebut dengan cara kimia. Cara kimia dalam pemberantasan hama dilakukan dengan derma obat kimia yang disebut pestisida.

Pestisida adalah sebutan untuk semua jenis obat (bahan kimia) pembasmi hama yang ditujukan terhadap serangga, jamur, bakteri, dan hama lainnya.

Baca: Macam-macam Jenis Pestisida dan Dampaknya