Contoh Negara Maju Di Dunia

Pembahasan kali ini yaitu embel-embel dari pembahasan sebelumnya perihal pengertian Negara maju dan ciri-ciri Negara Maju.

Pembahasan ini perihal tumpuan Negara maju di dunia, tumpuan Negara maju di asia, Negara maju Jepang,  Negara maju di Afrika, Amerika, Eropa dan lain lain.

Persebaran Wilayah Negara Maju dan Negara Berkembang

Di dunia ini terdapat lebih dari dua ratus negara yang tersebar di belahan bumi utara dan selatan. Negara-negara maju tersebar di wilayah Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan sebagian kecil Benua Asia.

Negara-negara maju juga disebut First World Countries (Negara Dunia Pertama). Untuk mengetahui persebaran wilayah negara-negara maju, perhatikan bab peta yang diarsir berikut ini.

Organisasi dunia ibarat Bank Dunia, IMF, dan CIA mengelompokkan negara-negara berikut menjadi negara maju.

Anggota Uni Eropa: Austria Belgia Denmark Finlandia Prancis Jerman Yunani Irlandia Italia Luksemburg Belanda Spanyol Swedia Inggris

Negara Non-Uni Eropa:  Andorra Islandia Liechtenstein Norwegia San Marino Swiss VatikanNegara Bukan Eropa Australia Kanada Korea Selatan Hong Kong Israel Jepang Selandia Baru Singapura Taiwan Amerika Serikat.
Pembahasan kali ini yaitu embel-embel dari pembahasan sebelumnya perihal  Contoh Negara Maju di Dunia
Contoh Negara Maju


Melalui peta persebaran negara maju di depan, kau sanggup melihat persebaran negara-negara berkembang di dunia, yaitu daerah-daerah pada peta yang tidak diarsir. Negara berkembang sebagian besar tersebar di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Apabila dilihat dari persebaran wilayahnya, terlihat bahwa sebagian besar negara maju berada di belahan bumi Utara sedangkan negara berkembang tersebar di belahan bumi Selatan.

Dilihat dari latar belakang sejarah, negara-negara di daerah Selatan merupakan negara bekas jajahan. Kamu telah menyimak peta persebaran negara maju.

Tidak semua negara berkembang tersebut mempunyai pendapatan per kapita yang rendah (low income countries). Ada sebagian negara berkembang yang berpenghasilan menengah
(middle income countries).

Negara yang berpendapatan menengah ini merupakan kelompok negara industri gres menekankan pembangunan sektor industri. Contoh negara industri gres yaitu Argentina, Brasil, Cina, dan Meksiko