Faktor-Faktor Pendorong Globalisasi Terlengkap

Setelah memahami pengertian dan definisi globalisasi dari banyak sekali aspeknya, mengetahui sejarah globalisasi dan ciri-cirinya secara lengkap, pada pembahasan kali ini akan di jelaskan wacana faktor-faktor yang mendorong terjadinya globalisasi.

Faktor-faktor Pendorong Globalisasi

Proses globalisasi berlangsung dengan sangat cepat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor pendorong yang mempengaruhinya. Faktor-faktor pendorong proses globalisasi antara lain sebagai berikut.

a. Kemajuan Bidang Teknologi Informasi

Kemajuan bidang teknologi info yang pesat mempermudah penyebaran info dari satu wilayah ke banyak sekali penjuru dunia dengan cepat. Internet yang bisa menembus dunia maya ke segala penjuru dunia semakin mempercepat proses globalisasi.

Manusia tidak lagi dibatasi oleh wilayah ataupun waktu. Dalam waktu singkat, seseorang sanggup memperoleh banyak sekali info yang diinginkannya hanya dengan duduk dengan mengakses info dari internet.

Setelah memahami pengertian dan definisi globalisasi dari banyak sekali aspeknya Faktor-faktor Pendorong Globalisasi Terlengkap
Gamar: Kemajuan Informasi

b. Meleburnya Batas-batas Teritorial Negara

Kemajuan di bidang teknologi info yang pesat juga menjadikan batas-batas teritorial antarnegara menjadi lebur. Arus info antarperorangan berlangsung sangat cepat dan tidak terpengaruh oleh batas teritorial negara.

Seseorang di suatu negara sanggup berbicara langsung, bahkan sambil melihat orang yang diajak bicara, di negara lain. Mereka seperti berbicara saling berhadapan, padahal jarak di antara mereka mencapai ribuan atau bahkan ratusan ribu kilometer jauhnya.

Kesulitan insan di masa kemudian lantaran jarak yang jauh sudah tidak lagi ditemui. Hal inilah yang mendorong proses globalisasi semakin cepat terjadi.

c. Meningkatnya Arus Perdagangan Dunia

Terbentuknya pasar-pasar bebas yang menjadikan batas-batas negara dengan segala peraturannya tidak lagi menjadi penghambat, sehingga perdagangan antarnegara di dunia semakin meningkat.

Apalagi dengan ditunjang kemajuan bidang telekomunikasi yang semakin canggih, menyerupai ponsel (telepon seluler) dan internet, kekerabatan perdagangan antarnegara semakin meningkat tajam.

Ditambah lagi dengan kemajuan sarana transportasi dan transfer uang yang sanggup dilakukan dari banyak sekali belahan dunia, menjadikan perekonomian suatu negara menjadi serpihan dari perekonomian internasional yang bersifat global.

Bahkan, problem ekonomi yang dihadapi oleh suatu negara akan mempengaruhi perekonomian negara lain di seluruh dunia. Hal inilah yang juga menjadi pendorong proses globalisasi yang semakin cepat.