Gambar Anatomi Alat Reproduksi Perempuan Serta Proses Pembuahan Dan Perkembangan Embrio

Pembahasan kali ini ialah perihal gambar kelamin wanita, foto kelamin wanita, alat reproduksi wanita, gambar alat reproduksi wanita, foto kelamin perempuan, gambar kelamin perempuan, gambar kemaluan wanita, foto kemaluan wanita, gambar jenis kelamin perempuan, gambar vagina wanita, gambar jenis kelamin wanita, dan foto-foto kelamin wanita.

Gambar Alat Reproduksi Wanita

Alat reproduksi perempuan juga terdiri dari alat kelamin dalam dan alat kelamin luar. Alat kelamin kepingan luar terdiri dari lubang vagina, labia mayora, labia minora, mons pubis dan klitoris. Sedangkan pada alat kelamin kepingan dalam terdapat ovarium, tuba falopii (oviduk), dan uterus (rahim).
Pembahasan kali ini ialah perihal gambar kelamin perempuan Gambar Anatomi Alat Reproduksi Wanita Serta Proses Pembuahan Dan Perkembangan Embrio
Gambar: Alat Kelamin Wanita Bagian Luar dan Dalam

Ovarium berjumlah sepasang, merupakan daerah untuk memproduksi sel telur (ovum). Sel telur insan mempunyai diameter ±0,1 mm. Sel telur ini tidak sanggup bergerak aktif alasannya ialah tidak mempunyai alat gerak.

Tuba falopii atau oviduk ialah kanal yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Sel telur yang dilepaskan dari ovarium diterima oleh ujung tuba falopii yang berbentuk corong (disebut infundibulum).

Dari tuba falopii, sel telur kemudian menuju rahim. Pembuahan sel telur sering terjadi di tuba falopii ini. Uterus atau rahim ialah daerah melekatnya sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Uterus berupa rongga berotot yang bisa mengembang mengikuti perkembangan embrio.

Vagina merupakan kanal final dari alat kelamin dalam. Vagina juga menjadi alat kopulasi pada perempuan, jalan lahir bayi waktu melahirkan, dan kanal daerah keluarnya menstruasi.

Pembuahan dan Perkembangan Embrio

Pada umumnya, setiap 28 hari sekali ovarium melepaskan sebuah sel telur. Pelepasan sel telur ini disebut ovulasi. Ketika terjadi ovulasi, dinding uterus mengalami penebalan sehingga menjadi daerah yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan zigot.

Bila sesaat sehabis terjadi ovulasi ada sel sperma yang masuk ke kanal telur, maka akan terjadi pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi disebut zigot. Zigot kemudian membelah menjadi dua sel, empat sel, delapan sel, dan seterusnya sehingga terbentuk embrio atau janin.

Beberapa hari sehabis zigot menempel di dinding uterus, akan terbentuk sekumpulan pembuluh-pembuluh darah di dinding uterus yang disebut plasenta. Kebutuhan janin dipenuhi dari plasenta dengan perantaraan tali sentra atau ari-ari.

Fungsi plasenta ialah sebagai pelindung janin dari basil penyakit dan racun tertentu; sebagai pengatur nutrisi dan oksigen bagi fetus dari ibu; dan sebagai jalan pembuangan sisa metabolisme dari janin ke badan ibu.

Lama kehamilan pada insan sekitar 266 hari atau 9 bulan lebih 10 hari. Setelah kehamilan mencapai usia tersebut, tibalah saatnya untuk proses persalinan atau kelahiran bayi.

Jika sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma, lapisan dinding uterus yang telah menebal akan meluruh bersama darah dan dikeluarkan melalui vagina. Peristiwa ini disebut menstruasi.

Umum menstruasi akan terjadi setiap 28 hari sekali, walaupun ada perempuan yang mendapat menstruasi kurang dari 28 hari dan ada pula yang lebih dari 28 hari. Bagi cerdik balig cukup akal putri, menjaga kebersihan badan sangat penting ketika mengalami menstruasi.

Darah haid yang keluar harus ditahan dengan pembalut dan dibersihkan biar tidak mengakibatkan penyakit. Seorang cerdik balig cukup akal perempuan yang telah mendapat menstruasi mengatakan bahwa ia telah bisa menghasilkan sel telur.

Dengan kata lain, ia telah siap bereproduksi dan melahirkan bayi. Namun demikian, cerdik balig cukup akal belum mempunyai kesiapan fisik, mental, dan sosial-ekonomi untuk mendapat kehamilan. Oleh alasannya ialah itu, kau harus berhati-hati dalam bergaul, jangan pernah terjerumus dalam pergaulan seks bebas dan seks pranikah!