Isi Perjanjian Renville Tanggal 17 Januari 1948 Dan Jawaban Rakyat Indonesia

Pembahasan ini yaitu wacana negosiasi renville sebagai tindak lanjut dari adanya aksi militer belanda yang dilancarkan oleh Belanda pada Kota-kota besar di Indonesia.

Artikel kali ini akan menjelaskan wacana jawaban negosiasi renville atau jawaban perjanjian renville, isi perjanjian renville.

Tempat diselenggarakan perjanjian renville, tokoh negosiasi renville, tempat negosiasi renville, jawaban dari perjanjian renville dan lain-lainnya.

Perundingan Renville (8 Desember - 17 Januari 1948)

Agresi Militer Belanda I menerima reaksi keras dari dunia internasional, khususnya dalam lembaga PBB. Dalam rangka perjuangan penyelesaian damai, maka Dewan Keamanan PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN).

Negara-negara anggota KTN yaitu:


a. Australia (pilihan Indonesia) diwakili oleh Richard Kirby

b. Belgia (pilihan Belanda) diwakili oleh Paul van Zeeland

c. Amerika Serikat (pilihan Indonesia dan Belanda) diwakili oleh Frank Graham.

Untuk melakukan kiprah yang dibebankan oleh Dewan keamanan PBB, dalam pertemuannya di Sidney pada tanggal 20 Oktober 1947 KTN memutuskan bahwa kiprah mereka di Indonesia yaitu untuk membantu menuntaskan sengketa antara Republik Indonesia dan Belanda dengan cara damai.

Kemudian KTN berusaha mendekatkan kedua belah pihak guna menuntaskan persoalan-persoalan militer dan politik yang sanggup menunjukkan dasar bagi negosiasi selanjutnya.

Diambil pula perilaku bahwa dalam perkara militer KTN akan mengambil inisiatif, sedangkan untuk pemecahan masalah-masalah politik KTN hanya menunjukkan usul.
Pembahasan ini yaitu wacana negosiasi renville sebagai tindak lanjut dari adanya agres Isi Perjanjian Renville Tanggal 17 Januari 1948 dan Tanggapan Rakyat Indonesia
Foto: USS Renville-227 (Tempat Perjanjian Renville)

Tempat Perjanjian Renville

Masalah pertama yang timbul yaitu mengenai tempat perundingan. Belanda mengusulkan Jakarta, tetapi ditolak oleh Republik Indonesia yang menginginkan suatu tempat yang berada di luar kawasan pendudukan.

Atas ajakan KTN, negosiasi dilakukan di atas sebuah kapal pengangkut pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat “USS Renville” yang berlabuh di teluk Jakarta.

Tokoh Perjanjian Renville

Delegasi yang hadir dalam perjanjian Renville.

a. Delegasi Republik Indonesia dipimpin oleh Mr. Amir Syarifuddin.

b. Delegasi Belanda dipimpin oleh Abdulkadir Wijoyoatmojo, orang Indonesia yang memihak Belanda.

Isi Perjanjian Renville

Perundingan Renville menghasilkan kesepakatan sebagai berikut.

a. Penghentian tembak-menembak.

b. Daerah-daerah di belakang garis Van Mook harus dikosongkan dari pasukan RI.

c. Belanda bebas membentuk negara-negara federal di daerah-daerah yang didudukinya dengan melalui plebisit terlebih dahulu.

d. Dalam Uni Indonesia- Belanda, negara Indonesia Serikat akan sederajat dengan Kerajaan Belanda.