Karakteristik Dan Ciri-Ciri Lapisan Troposfer

Salah satu penyusun atmosfer ialah lapisan troposfer, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan ihwal karakteristik atau ciri-ciri lapisan troposfer.

Ciri-ciri Lapisan Atmosfer

Troposfer merupakan lapisan atmosfer terbawah, terletak pada ketinggian antara 0 – 16 km. Beberapa ciri lapisan ini ialah sebagai berikut.

1) Lapisan ini memiliki imbas yang sangat besar terhadap kehidupan di bumi. 

Pada lapisan ini terjadi peristiwa-peristiwa cuaca ibarat angin, hujan, awan, dan halilintar. Lapisan troposfer merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengandung uap air.

2) Temperatur troposfer relatif tidak konstan

Lapisan troposfer ini makin tinggi dari permukaan bumi, suhunya makin rendah.
Salah satu penyusun atmosfer ialah lapisan troposfer Karakteristik dan Ciri-ciri Lapisan Troposfer
Gambar: Lapisan Troposfer

3) Ketebalan dan ketinggian lapisan ini berbeda-beda di setiap bab bumi. 

Di tempat kutub ketinggiannya ±8 km dengan suhu ±-46° C, di tempat sedang ketebalannya ±11 km dengan suhu ± -50° C, dan di tempat khatulistiwa ketinggiannya ±16 km dengan suhu ± -30° C.

Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer antara di bab kutub dan khatulistiwa diakibatkan alasannya adanya imbas rotasi bumi.

Efek yang ditimbulkan gerakan rotasi di bab khatulistiwa lebih besar jika dibandingkan di bab kutub. Hal itulah yang menjadikan ketebalan atmosfer di bab khatulistiwa lebih besar.

4) Troposfer terdiri atas beberapa lapisan

Lapisan troposfer yaitu lapisan planetair dengan ketinggian 0 – 1 km, lapisan konveksi dengan ketinggian 1 – 8 km, dan lapisan tropopause dengan ketinggian 8 – 12 km.

5) Tropopaus merupakan lapisan antara 

Tropopaus merupakan lapisan antara yang membatasi lapisan troposfer dengan lapisan di atasnya (stratosfer). Temperaturnya relatif konstan.

6) Gerakan udara secara vertikal (konveksi) terhenti pada lapisan tropopause ini.

Demikian pembahasan ihwal karakteristik atau ciri-ciri lapisan troposfer yang merupakan lapisan atmosfer yang paling bersahabat dengan bumi.