Macam-Macam Jenis Hormon Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia, Binatang Dan Flora Beserta Fungsinya

Beriktu ini merupakan pembahasan perihal salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup yaitu hormon. Hormon yang dimaksud disini yaitu hormon pertumbuhan yang mencakup hormon pertumbuhan pada hewan, hormon pertumbuhan pada manusia, hormon pertumbuhan pada tumbuhan, hormon pertumbuhan tanaman.

Hormon Pertumbuhan

Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengendalikan banyak sekali fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnya sedikit, hormon menunjukkan efek yang faktual dalam pengaturan banyak sekali proses dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup bermacam-macam jenisnya.

1) Hormon Pertumbuhan pada tumbuhan

Hormon pada flora sering disebut fitohormon atau zat pengatur tubuh. Beberapa di antaranya yaitu auksin, sitokinin, giberelin, etilen, dan asam absisat.

a) Hormon Auksin

Hormon Auksin berfungsi untuk memacu perpanjangan sel, merangsang pembentukan bunga, buah, dan mengaktifkan kambium untuk membentuk sel-sel baru.
Beriktu ini merupakan pembahasan perihal salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan d Macam-macam Jenis Hormon Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia, Hewan dan Tumbuhan beserta Fungsinya
Gambar: Hormon Auksin

b) Hormon Sitokinin

Hormon Sitokinin memacu pembelahan sel serta mempercepat pembentukan akar dan tunas.

c) Hormon Giberelin

Hormon Giberelin merangsang pembelahan dan pembesaran sel serta merangsang perkecambahan biji. Pada flora tertentu, giberelin sanggup menimbulkan munculnya bunga lebih cepat.

d) Hormon Etilen

Hormon Etilen berperan untuk menghambat pemanjangan batang, mempercepat penuaan buah, dan menimbulkan penuaan daun.

e) Asam absisat 

Asam absisat berperan dalam proses perontokan daun.

2) Hormon Pertumbuhan pada hewan

Beberapa hormon pertumbuhan pada binatang yaitu sebagai berikut.

a) Hormon Tiroksin

Hormon Tiroksin berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan hewan. Pada katak hormon ini merangsang dimulainya proses metamorfosis.

b) Hormon Somatomedin

Hormon Somatomedin mempengaruhi pertumbuhan tulang.

c) Hormon Ekdison dan juvenil, 

Hormon Ekdison dan Juvenil mempengaruhi perkembangan fase larva dan fase dewasa, khususnya pada binatang Invertebrata.

3) Hormon Pertumbuhan pada manusia

Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu, yaitu suatu kelenjar yang tidak memiliki saluran. Beberapa hormon pertumbuhan pada insan antara lain sebagai berikut.

a) Hormon tiroksin

Hormon tiroksin dihasilkan oleh kelenjar gondok/ tiroid. Hormon ini memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan hormon ini sanggup menimbulkan mixoedema yaitu kegemukan.

b) Hormon pertumbuhan (Growth hormon - GH)

Hormon ini dihasilkan oleh hipofisis potongan depan. Hormon ini disebut juga hormon somatotropin (STH). Peranannya yaitu memengaruhi kecepatan pertumbuhan seseorang. Seorang anak tidak akan tumbuh dengan normal jikalau kekurangan hormon pertumbuhan.

Pada masa pertumbuhan, kelebihan hormon ini akan menimbulkan pertumbuhan raksasa (gigantisme), sebaliknya jikalau kekurangan akan hormon terjadi sehabis dewasa, akan menimbulkan membesarnya potongan badan tertentu, menyerupai pada hidung atau telinga. Kelainan ini disebut akromegali.

c) Hormon testosteron

Hormon testosteron mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya gejala kelamin sekunder pada pria.

d) Hormon estrogen/progresteron

Hormon estrogen/progresteron mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tandatanda kelamin sekunder pada wanita.