Macam-Macam Jenis Pasar Beserta Misalnya Lengkap

Berikut ini ialah suplemen dari pembahasan sebelumnya perihal peran dan fungsi pasar yaitu macam macam pasar, jenis jenis pasar, rujukan pasar, macam macam pasar menurut waktu, macam macam pasar menurut strukturnya, bentuk bentuk pasar, rujukan pasar persaingan sempurna.

Macam-macam Jenis Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari kita sanggup melihat jenis pasar yang beraneka ragam.

Macam-macam Jenis Pasar Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu kegiatannya, pasar dibedakan menjadi empat macam sebagai berikut.

1. Pasar Harian

Pasar harian, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap hari. Transaksi jual beli barang kebutuhan pokok terjadi setiap hari. Contoh pasar harian ialah pasar tradisional, supermarket, hypermarket, supermall, toserba, dan sebagainya.

2. Pasar Mingguan

Pasar mingguan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung satu ahad sekali, pada hari-hari tertentu. Contoh pasar mingguan yaitu pasar minggu, pasar senen, pasar rabu, dan sebagainya.

3. Pasar Bulanan

Pasar bulanan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap satu bulan sekali, contohnya pasar yang diadakan di seputar sebuah pabrik setiap awal bulan. Pada ketika itu, biasanya para karyawan mendapat honor dari perusahaan sehingga dijadikan peluang oleh para pedagang untuk mengadakan pasar sederhana.

4. Pasar Tahunan

Pasar tahunan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap satu tahun sekali. Pasar ini biasanya digelar untuk memperingati insiden tertentu yang dianggap penting.

Contoh, Pekan Raya Jakarta yang diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta sekaligus untuk mempromosikan banyak sekali jenis barang kepada konsumen.
Berikut ini ialah suplemen dari pembahasan sebelumnya perihal  Macam-macam Jenis Pasar beserta Contohnya Lengkap
Gambar: Pekan Raya Jakarta 

Macam-macam Jenis Pasar menurut Strukturnya

Berdasarkan strukturnya, pasar dibagi menjadi pasar persaingan tepat dan pasar bukan persaingan sempurna.

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna, yaitu pasar kawasan interaksi antara undangan dan penawaran terjadi dengan jumlah yang tidak terbatas. Harga yang terbentuk merupakan harga yang benar-benar mencerminkan impian produsen dan konsumen.
Baca selengkapnya: Ciri-ciri dan Contoh Pasar persaingan Sermpurna

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar bukan persaingan sempurna, yaitu pasar yang tidak memenuhi ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Jika seorang penjual sanggup memengaruhi harga pasar, maka kawasan penjual tersebut ialah pasar bukan persaingan sempurna.
Baca selengkapnya: Ciri-ciri dan Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna