Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama Dengan Negara Lain?

Ada sebuah pertanyaan yang sering muncul kepada para siswa dan pelajar yaitu mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain? Atau pertanyaan yang serupa wacana pengertian korelasi internasional berdasarkan para ahli, sarana-sarana korelasi internasional, manfaat korelasi internasional, pentingnya korelasi internasional, kerjasama Indonesia dengan negara lain, arti penting korelasi internasional, korelasi internasional indonesia dengan negara lain dan tujuan korelasi internasional.

Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?

Salah satu tanggapan untuk menjawab pertanyaan di atas ialah bahwa negara kita Indonesia sangat membutuhkan kerjasama dengan negara lain, dari banyak hal Indonesia sangat membutuhkan negara lain, apalagi posisi Indonesia sebagai salah satu tumpuan negara berkembang yang tentunya sangat membutuhkan dukungan dan kerjasama tidak hanya negara berkembang lainnya namun juga kepada negara-negara maju.

Untuk menjawab pertanyaan di atas ada beberapa konsep dasar yang harus diketahui oleh seseorang, diantaranya seseorang harus memahami wacana negara berkembang dan negara maju, ciri-ciri negara berkembang dan negara maju, contoh-contoh negara berkembang dan negara maju.

Setelah mengetahui konsep-konsep di atas, seseorang telah mempunyai sebuah citra bahwa setiap negara niscaya membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan negara lain terutama Indonesia.
Ada sebuah pertanyaan yang sering muncul kepada para siswa dan pelajar yaitu mengapa negar Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?
Gambar: Contoh Kerjasama Antar Negara

Berikut ini ialah beberapa alasan mengapa Indoesia perlu berhubungan dengan negara lain ialah sebagai berikut;

- Manusia atau negara manapun tak dapat memenuhi segala macam kebutuhannya sendirian, sebab lagi-lagi insan atau negara punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contoh saja Indonesia yang kaya dengan sumber daya alamnya yang melimpah, sehingga mau apa saja sudah tersedia di bumi Indonesia, tumpuan kecil saja, Angsa-angsa yang di Indonesia ada di mana-mana, di Rusia justru menjadi tontonan, sebab memang langka!

- Ada negara yang punya sumber daya insan begitu berkualitas, sebab manusianya yang pekerja keras, pantang mengalah dan penuh motivasi untuk maju, menyerupai Jepang, tapi miskin sumber daya alam. Makara terjadi kebalikan dengan Indonesia yang kaya sumber daya alamnya(SDA), maka Indonesia dan Jepang perlu kerjasama yang erat, Indonesia mengekspor SDA dan Jepang mengekspor barang eletronik, begitu seterusnya.

- Bagi negara yang punya teknologi canggih serta peralatan militer yang banyak, menyerupai AS dan Rusia, dapat bekerja sama dengan negara lain yang tak punya teknoolgi canggih tersebut, tentunya mereka berbagi, dalam hal ini dapat menawarkan dukungan teknis dan sebagainya, atau dapat juga melatih negara-negara lain yang masih jauh tertinggal teknologinya. Dengan demikian dibidang teknologi dan militer lahir kerjasama, menyerupai NATO, dulu ada kerjasama Fakta Warsawa.