Pengertian Dan Cara Kerja Elektroskop Sederhana

Berikut ini merupakan pembahasan wacana elektroskop, mulai dari pengertian elektroskop, cara menciptakan elektroskop sederhana, cara kerja elektroskop, alat pendeteksi muatan listrik, alat untuk mendeteksi muatan listrik, cara memberi muatan pada elektroskop, pengertian elektrostatis, dan alat elektroskop.

Pengertian Elektroskop

Bagaimana mengetahui sebuah benda bermuatan listrik atau tidak? Untuk mengetahui apakah sebuah benda bermuatan atau tidak sanggup diamati memakai alat yang dinamakan elektroskop.

Elektroskop yang paling umum dipakai yakni elektroskop lembaran emas. Skema elektroskop terlihat ibarat Gambar di bawah ini.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana elektroskop Pengertian dan Cara Kerja Elektroskop Sederhana
Gambar: Elektroskop

Cara Kerja Elektroskop

Prinsip kerja alat ini menurut sifat muatan, yaitu akan saling menolak jikalau didekatkan dengan muatan yang sejenis. Elektroskop berbentuk tabung. Di dalam tabung terdapat lembaran emas yang sanggup diberi muatan dari bab atas melalui sebuah kawat konduktor.

Jika sebuah benda bermuatan ditempelkan pada kawat konduktor, maka lembaran emas dan batang akan bermuatan pula. Karena jenis muatannya sama, keduanya akan saling menolak dan lembaran emas akan menjauhi batang membentuk aksara "V" terbalik.

Semakin besar muatan yang diberikan, lembaran tersebut semakin jauh membuka. Dengan demikian kita sanggup mengetahui bahwa benda yang ditempelkan pada ujung atas elektroskop bermuatan.

Bagaimana memilih jenis muatan listrik suatu benda? Kamu tidak sanggup memakai elektroskop netral untuk memilih jenis muatan suatu benda, oleh alasannya yakni itu kau harus memakai elektroskop bermuatan listrik. Misal elektroskop bermuatan negatif yang daun/lembarannya mekar.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana elektroskop Pengertian dan Cara Kerja Elektroskop Sederhana
Gambar: Elektroskop
Keterangan Gambar:

a. Elektroskop listrik negatif.

b. Ketika didekatkan benda bermuatan negatif, lembaran/daun naik.

c. Ketika didekatkan benda bermuatan positif, lembaran/daun turun.

Gambar (a) mengatakan sebuah elektroskop bermuatan listrik negatif. Ketika didekati suatu benda bermuatan listrik, lembaran/daun pada elektroskop makin naik, berarti benda bermuatan yang didekatkan kepala elektroskop memiliki muatan yang sejenis dengan muatan elektroskop, yaitu bermuatan negatif (Gambar b).

Sebaliknya pada Gambar (c) dikala kepala elektroskop didekati benda bermuatan listrik, lembaran/daun elektroskop makin turun (lebih menguncup).

Ini berarti benda bermuatan yang didekatkan pada kepala elektroskop memiliki muatan yang tidak sejenis dengan muatan elektroskop. Muatan benda bermuatan yang didekatkan kepala elektroskop tersebut bermuatan positif.