Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Prosedur Kerja (Kontraksi) Otot

Berikut ini merupakan pembahasan damai salah satu komponen sistem gerak insan yaitu otot, yang pembahasannya mencakup pengertian otot, macam macam otot, fungsi otot, jenis jenis otot, cara kerja otot, prosedur kerja otot, prosedur kontraksi otot, prosedur gerak otot, fungsi otot polos, fungsi otot jantung, fungsi jaringan otot, otot pada manusia, fungsi otot lurik, cara kerja otot polos, gerak antagonis, pengertian kekuatan otot.

Otot Tubuh Manusia

Otot insan mencakup 40 – 50% dari berat tubuh. Otot bersifat elastis, sanggup diregangkan, sanggup dirangsang, dan berkontraksi. Tulang-tulang tidak sanggup bergerak tanpa adanya otot, sehingga otot sering disebut alat gerak aktif.

Pengertian Otot

Otot adalah sebuah jaringan dalam badan insan dan binatang yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menimbulkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Fungsi Otot

Otot-otot dalam badan insan melaksanakan beberapa fungsi penting.
  1. Fungsi utama mereka ialah gerakan, baik sengaja dan tidak sengaja, dan mereka juga mendukung tubuhnya, membantu menjaga postur.
  2. Fungsi embel-embel ialah untuk menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari proses lainnya.
  3. Fungsi lain dari otot-otot dalam badan insan ialah dukungan. Otot rangka terus bekerja untuk mendukung badan dan membantu untuk mempertahankan postur, apakah seseorang duduk atau berdiri. Otot-otot ini juga mendukung, menstabilkan, dan memperkuat sendi dengan memegang tulang dalam posisi yang tepat, terutama di tempat di mana bagian-bagian dari sendi tidak cocok bersama erat, mirip pundak dan pinggul.

Macam-macam Jenis Otot

Berdasarkan lokasi, struktur otot, dan kontrol dari saraf, otot dibagi menjadi tiga, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

a. Otot polos

Otot ini terletak pada organ-organ dalam, geraknya lamban, dan bekerja tidak dipengaruhi sistem otak sadar. Maka otot polos sering disebut otot tidak sadar.

Geraknya teratur dan tidak cepat lelah. Berbentuk kumparan (gelendong atau spindel) dan kedua ujungnya meruncing. Setiap sel mempunyai satu inti yang terletak di tengah.
Berikut ini merupakan pembahasan damai salah satu komponen sistem gerak insan yaitu oto Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot
Gambar: Macam-macam Jenis Otot

b. Otot lurik

Otot ini disebut juga otot rangka alasannya ialah menempel pada rangka. Selnya berbentuk silinder dan mempunyai banyak inti. Sel-sel otot membentuk serabut otot. Kumpulan serabut otot membentuk berkas otot.

Dan kumpulan berkas otot membentuk otot atau kau sering menyebutnya daging. Bagian tengah otot menggembung dan kedua ujungnya yang keras mengecil disebut urat atau tendon.

Tendon inilah yang menempel pada tulang. Otot lurik bekerja secara sadar atau di bawah perintah otak dan kontraksi yang terus-menerus menimbulkan kelelahan.

c. Otot jantung

Otot jantung mempunyai sifat mirip otot polos, terletak pada jantung, dan strukturnya ibarat otot lurik. Namun otot jantung berbeda dengan otot lurik alasannya ialah mempunyai sel bercabang dan satu inti yang berada di tengah. Otot jantung termasuk otot tidak sadar dan sanggup bekerja terus-menerus.

Mekanisme Kerja dan Kontraksi Otot

Otot akan berkontraksi jikalau menerima rangsangan dari saraf. Kontraksi menimbulkan otot menarik tulang yang dilekatinya sehingga menimbulkan gerakan pada sendi.
Berikut ini merupakan pembahasan damai salah satu komponen sistem gerak insan yaitu oto Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot
Gambar: Cara Kerja Otot

Kontraksi otot akan menggerakkan tulang ke suatu arah. Untuk mengembalikan tulang mirip semula, diharapkan otot lain yang menggerakkan tulang ke arah berlawanan. Dua otot yang bekerjanya saling berlawanan mirip ini disebut otot antagonis. 

Misalnya pada otot bisep dan trisep, yang menimbulkan lengan sanggup dibengkokkan dan diluruskan. Bentuk gerakan yang bersifat antagonis sanggup berupa gerakan ekstensor yaitu otot yang berperan meluruskan sendi dan fleksor yaitu otot yang berperan membengkokkan sendi.

Gerakan otot yang lain bekerja secara sinergis, yaitu otot yang bekerja secara bersamaan. Misalnya telapak tangan yang menengadah atau menelungkup oleh otot pronator yang terletak di lengan bawah.