Karaktristik Benua Eropa Adalah?

Pembahasan kali ini membahas perihal karakteristik benua Eropa, Negara benua eropa, batasan benua eropa, gambar benua eropa, negara di benua eropa, ciri ciri benua eropa, perihal benua eropa, luas benua eropa dan peta benua Eropa.

Benua Eropa


1) Bentang Alam

Benua Eropa mempunyai luas sekitar 9.699.550 km2. Bentang alam Eropa cukup bervariasi. Kenampakan alamnya memperlihatkan panorama yang indah.

Secara garis besar bentang alamnya dibedakan menjadi dataran tinggi bab barat laut, dataran rendah bab tengah, dataran tinggi bab tengah, dan kawasan Pegunungan Alpen.

Pegunungan yang ada di Eropa antara lain Pegunungan Alpen di Swiss, Pegunungan Ural di perbatasan Eropa dan Asia, Pegunungan Balkan di Bulgaria, Pegunungan Skandinavia di Swedia, dan Pegunungan Pyrenea di perbatasan Spanyol dan Prancis.

Beberapa gunung yang ada di Eropa antara lain Gunung Elbruz (5.643 m) di Georgia, Gunung Etna (3.274 m) di Italia, Gunung Ollympus (2.985 m) di Yunani, Gunung Mount Blanc (4.810 m) di Prancis, dan Gunung

 Kenampakan alamnya memperlihatkan panorama yang indah Karaktristik Benua Eropa Adalah?
Benua Eropa
Grossglockner di Austria. Sungai-sungai yang ada di Eropa antara lain Sungai Volga. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Eropa dengan panjang mencapai 3.685 km.

Sungai ini mengalir di Rusia dan bermuara di Laut Kaspia. Sungai lainnya yakni Sungai Donou yang mengalir di Jerman, Austria, Ceko, Hongaria, Yugoslavia, Bulgaria, Rusia, dan Rumania.

Sungai ini berhulu di Jerman dan bermuara di Laut Hitam. Sungai Rheine yakni sungai yang mengalir melalui perbatasan Swiss dan Prancis.

Sungai ini bermata air di Pegunungan Alpen, Swiss. Danau yang ada di Eropa antara lain Danau Saimaa di Finlandia, Danau Omega di Rusia, dan Danau Jenewa di perbatasan Swiss dan Prancis.

Penduduk

Persebaran penduduk Eropa cukup merata di tiap negara. Sebagian besar penduduk tinggal di kawasan perkotaan.

Penduduk terpadat terdapat di wilayah Eropa Barat. Wilayah ini merupakan sentra acara industri terbesar di Eropa. Benua Eropa didiami oleh beberapa suku bangsa yang berbeda.

Mereka tersebar mendiami wilayah daratan Benua Eropa. Suku bangsa yang ada di Eropa sebagai berikut.

a) Bangsa Jermania, yaitu orang-orang Jerman, Belanda, Inggris, Denmark, dan Skandinavia.
b) Bangsa Slavia, yaitu orang-orang Rusia, Polandia, dan Cekoslovakia.
c) Bangsa Rumania, yaitu orang-orang Prancis, Spanyol, Portugis, dan Italia.
d) Bangsa-bangsa lain, yaitu Yahudi, Mongolia, dan Turki.