Pengertian Dan Manfaat Perdagangan Internasional

Pembahasan kali ini membahas perihal  pengertian perdaganganinternasional, manfaat perdagangan internasional, tujuan perdagangan internasional, pengaruh perdagangan internasional, laba perdagangan internasional dan jenis jenis perdagangan internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional


Perdagangan internasional membawa manfaat bagi suatu negara. Apa sajakah manfaat dari perdagangan internasional? Beberapa manfaat yang diperoleh suatu negara dalam melaksanakan perdagangan internasional sebagai berikut.

a. Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Setiap negara mempunyai kebutuhan sendiri-sendiri dan jumlahnya beragam. Akan tetapi, tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi. Hal ini diakibatkan tidak semua barang sanggup diproduksi di dalam negeri. Untuk memenuhi kebutuhan, negara menjalin hubungan dagang dengan negara lain.
 laba perdagangan internasional dan jenis jenis perdagangan internasional Pengertian dan Manfaat perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional

b. Memperluas Pasar

Perdagangan internasional merupakan sarana untuk memasarkan barang dan jasa hasil produksi. Setiap hari industri dalam negeri menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah banyak.

Oleh karna itu, industri dalam negeri akan memasarkan produknya ke pasar lokal dan luar negeri demi menjaga kelangsungan usaha. Semakin luas pasarnya, laba yang diperoleh semakin besar.

c. Mendapatkan Keuntungan dari Spesialisasi

Perdagangan internasional terjadi akibat kemampuan produksi suatu negara tidak sama. Ketika negara mempunyai keunggulan memproduksi suatu barang, negara akan mengkhususkan memproduksi barang tersebut. Tindakan spesialisasi produksi akan memperlihatkan laba besar bagi negara.

d. Mentransfer Teknologi Modern

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara mempelajari teknik produksi yang efisien. Bahkan, adanya perdagangan internasional mendorong suatu negara mengimpor teknik produksi yang lebih baik dari negara lain. Akibatnya, tingkat produktivitas di dalam negeri semakin meningkat.

e. Menambah Cadangan Devisa 

Kegiatan ekspor yang dilakukan suatu negara akan mendatangkan devisa. Selama ini, devisa juga dijadikan sumber penerimaan negara. Semakin besar produk yang diekspor, semakin banyak devisa yang diperoleh negara.