Pengertian Dan Pola Kalimat Homonim, Homofon Dan Homograf Terlengkap

Pembahasan kali ini ialah perihal pengertian homonim homofon dan homograf, perbedaan homonim homofon dan homograf, pola kalimat homonim homofon dan homograf serta pola kata homonim homofon dan homograf.

Pengertian dan Contoh kalimat homonim

Perhatikan pola berikut!
Meskipun telah dua kali disaring, air dari kali ini masih tetap keruh.

Jika kalian perhatikan, pada kalimat tersebut dipakai dua kata yang sama persis dalam goresan pena maupun ucapan tetapi dengan makna yang berbeda.

Kata kali pada bab awal mempunyai arti tingkat keseringan atau frekuensi, sedangkan kata kali yang kedua ialah padanan dari kata sungai.

Sebuah kata dipakai pada dua daerah dengan bentuk dan ucapan yang sama tetapi mempunyai arti yang berbeda disebut homonim.

Berikut ini ialah pola kata-kata dan  kalimat yang menunjukkan bahwa kata tersebut berhomonim.

Contoh kalimat berhomonim:
Bisa
Ki Dumung bisa mengeluarkan bisa ular dari badan korban secara cepat.

Contoh kata berhomonim; genting, buku, kunci, roman, teras dll.
Pembahasan kali ini ialah perihal pengertian homonim homofon dan homograf Pengertian dan Contoh Kalimat Homonim, Homofon dan Homograf Terlengkap
Gambar: Contoh Homonim

Pengertian dan pola kalimat homofon

Perhatikan pola berikut!
Menurut bang Husein, bekerja di bank memerlukan ketelitian.

Ketika kalimat tersebut dituturkan secara lisan, akan terdengar dua kali tuturan bang. Akan tetapi, keduanya mempunyai arti yang berbeda. Hal itu akan terlihat manakala kalimat itu ditulis.

Kata yang tertulis bang berarti abang atau mas artinya saudara tua, sedangkan yang tertulis bank berarti forum keuangan.

Peristiwa bahasa semacam itu disebut homofon, yaitu dua buah kata yang terdengar sama kalau dituturkan namun berasal dari dua kata yang berbeda penulisannya dan mempunyai arti yang berbeda.

Berikut ini ialah pola kata-kata yang menunjukkan bahwa kata tersebut berhomofon.

1. hukuman - sangsi
2. tang - tank
3. sarat - syarat
4. masa - massa
5. sah – syah

Pengertian dan pola kalimat homograf

Homograf terdiri atas kata homo berarti sama dan graf (graph) berarti tulisan. Kaprikornus homograf adalah kata yg sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda lafal dan maknanya. Contoh homograf antara lain ialah :
  1. Buah apel ini yummy sekali. (apel maksudnya buah)
  2. Anak-anak telah apel di lapangan tadi pagi. (apel maksudnya kumpul)