Pengertian Dan Referensi Ion, Kation Dan Anion

Berikut ini merupakan pembahasan perihal definisi dan pengertian ion, pengertian kation, pengertian anion, pola ion, pola kation, pola anion, sifat senyawa ion, identifikasi anion, ion kompleks, pola senyawa ion, dan pembalut anion.

Pengertian Ion

Seperti yang telah diketahui bahwa ion merupakan salah satu partikel penyusun materi. Ion merupakan atom atau adonan beberapa atom yang mempunyai muatan listrik konkret atau negatif.

Pengertian Kation dan Anion

Atom atau kumpulan atom yang mempunyai muatan listrik konkret disebut ion konkret atau kation. Sedangkan, yang bermuatan listrik negatif disebut ion negatif atau anion.

Contoh Kation dan Anion

Beberapa pola kation dan anion sanggup kau lihat pada tabel berikut ini.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal definisi dan pengertian ion Pengertian dan Contoh Ion, Kation dan Anion
Tabel: Contoh Kation dan Anion

Kation (ion positif) dan anion (ion negatif) sanggup bergabung membentuk senyawa ion yang disebut senyawa ionik. Senyawa ionik sanggup menghantarkan listrik.

Contoh Senyawa Ion

Contoh yang paling sederhana yaitu senyawa natrium klorida (NaCl) atau garam dapur yang terdiri dari ion Na+ dan ion Cl-. Ion Na+ dan ion Cl- akan tarik-menarik membentuk suatu senyawa NaCl (garam dapur) alasannya yaitu terdiri dari dua buah muatan listrik yang berlawanan.

Untuk menguraikan senyawa NaCl ini menjadi unsur-unsur pembentuknya sanggup dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam lelehan natrium klorida (NaCl) sehingga NaCl ini akan terurai
menjadi ion Na+ dan ion Cl-.

NaCl           ==>          Na+      +        Cl-
Natrium Klorida     Natrium     +      Klor
(Senyawa Ionik) (Ion Natrium) (Ion Klorida)