Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Jenis Jaringan Pada Binatang Dan Insan Beserta Referensi Dan Ciri-Cirinya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentanhpengertian jaringan, jaringan pada hewan, macam macam jaringan, jenis-jenis jaringan, jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, jaringan saraf, pola jaringan, fungsi jaringan.

Pengertian dan Macam-macam Jaringan Pada Hewan dan Manusia

Pengertian Jaringan 

Jaringan dalam biologi yaitu sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda sanggup bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. (id.wikipedia.org)

Macam-macam (Jenis-jenis) Jaringan Pada Hewan dan Manusia

Di artikel sebelumnya kita telah mempelajari bahwa sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama saling berhubungan membentuk jaringan. Pada binatang dan insan terdapat beberapa jaringan yaitu jaringan epitel, ikat, otot, dan saraf.


Jaringan Epitel

Jaringan epitel tersusun dari sel-sel yang rapat dan berdekatan satu dengan yang lain sehingga tidak ada rongga antarsel. Jaringan ini berfungsi melapisi suatu rongga dalam atau permukaan luar, mendapatkan rangsang, atau sebagai kelenjar. Lapisan sel epitel menempel pada suatu membran disebut membran basalis. Bentuk-bentuk sel epitel ada yang pipih, kubus, dan silindris. Sel-sel ini sanggup tersusun dalam satu lapis sel atau berlapis-lapis.

Contohnya sel epitel pada dinding usus halus berbentuk silindris yang tersusun selapis.

Jaringan Ikat

Susunan sel-sel jaringan ikat agak renggang dan mengandung banyak pembuluh darah kecuali pada jaringan ikat tulang rawan. Fungsi utama jaringan ikat ialah sebagai pelindung (proteksi), penunjang, dan mengikat banyak sekali jaringan dan organ. Jaringan ikat juga berfungsi untuk menyimpan lemak serta menghancurkan kuman dan selsel yang sudah mati.

Contoh jaringan ikat yaitu jaringan
darah, jaringan tulang, dan jaringan lemak.

Jaringan Otot

Jaringan otot mencakup 40%–50% berat badan. Otot sanggup berkontraksi, kontraksi beberapa otot akan menggerakkan tulang sehingga menghasilkan gerak. Oleh alasannya itu otot disebut sebagai alat gerak aktif, sedangkan rangka disebut alat gerak pasif. Otot sanggup dibedakan menjadi otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Macam-macam ciri Jaringan Otot
Perbedan Jaringan pada manusia