Pengertian Gen Dan Kromosom, Struktur Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan singkat perihal pengertian gen, pengertian kromosom, struktur kromosom, fungsi kromosom, pewarisan sifat, fungsi nukleus, pengertian dna, mutasi gen, pengertian keanekaragaman hayati, jumlah kromosom manusia, keanekaragaman gen, pengertian genetika, pengertian mutasi, fungsi dna, mutasi kromosom, sifat-sifat gen dan kelainan kromosom.

Materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat kepada keturunannya yaitu gen dan kromosom. Ilmu yang mempelajari cara-cara perwarisan sifat menyerupai ini disebut genetika.

Pengertian Gen dan Kromosom

Gen ialah suatu substansi kimia dalam kromosom yang bertanggung jawab terhadap pewarisan sifat organisme. Istilah gen pertama kali dikemukakan oleh W. Johansen.

Fungsi Gen

Fungsi gen antara lain sebagai berikut.

1. Mengatur perkembangan dan metabolisme individu.

2. Menyampaikan warta genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya.

3. Sebagai zarah tersendiri dalam kromosom.

Gen berperan untuk memilih pewarisan sifat menyerupai rasa, warna, dan bentuk. Gen terdapat di dalam kromosom, dan menempati tempat-tempat tertentu yaitu di dalam lokus-lokus kromosom.

Pada sel eukariotik, kromosom berada di dalam inti sel. Kromosom mempunyai sifat gampang menyerap warna, sehingga dalam sel yang sedang membelah, kromosom sanggup kau lihat dengan memakai mikroskop biasa.

Struktur Kromosom

Akan tetapi untuk mempelajari struktur halusnya, tetap harus dipakai mikroskop elektron. Pada ketika sel tidak sedang membelah, kromosm berbentuk benang-benang halus yang disebut benang-benang kromatin.

Kromosom berbentuk menyerupai batang. Jika kau amati dengan teliti, setiap kromosom mempunyai dua buah lengan yang dihubungkan oleh sentromer. Pada kromosom, terdapat benang-benang halus yang melingkar-lingkar.

Di sepanjang benang-benang halus inilah terletak gen. Gen terdiri dari untaian-untaian DNA. Setiap gen menempati kawasan tertentu di dalam kromosom. Tempat suatu gen di dalam krosomom disebut sebagai lokus gen.
Berikut ini merupakan pembahasan singkat perihal pengertian gen Pengertian Gen dan Kromosom, Struktur dan Fungsinya
Gambar: Struktur Kromosom

Pada makhluk tingkat tinggi, sel badan (sel somatik) mengandung satu pasang kromosom yang diterima dari kedua induk/orang tuanya.

Kromosom-kromosom yang berasal dari induk betina bentuknya serupa dengan yang berasal dari induk jantan. Maka sepasang kromosom itu disebut kromosom homolog.

Karena itu jumlah kromosom dalam sel badan dinamakan diploid (2n). Tetapi pada sel kelamin (gamet) hanya mengandung setengah dari jumlah kromosom yang terdapat di dalam sel somatik.

Karena itu jumlah kromosomnya dinamakan haploid (n). Satu pasang kromosom haploid dari satu spesies dinamakan genom.

Jumlah Kromosom Makhluk Hidup

Jumlah kromosom yang dimiliki banyak sekali makhluk tidak sama. Perhatikan jumlah kromosom beberapa makhluk hidup pada tabel berikut ini.

No
Makhluk Hidup
Jumlah Kromosom
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
Manusia
Kelinci
Kucing
Anjing
Sapi
Kera
Lalat rumah
Ayam
Padi
Jagung
Ercis
46
64
38
78
60
48
12
78
24
20
14

Macam-macam Kromosom

Kromosom pada insan dan makhluk hidup yang berkembang biak secara seksual sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Autosom yaitu kromosom yang mengatur sifat-sifat badan selain jenis kelamin. Kromosom badan (autosom) insan ada 22 pasang atau berjumlah 44 buah.

2. Gonosom atau kromosom seks, yaitu kromosom yang khusus memilih jenis kelamin. Kromosom seks insan berjumlah satu pasang atau 2 buah. Seorang pria mempunyai kromosom XY, sedangkan seorang perempuan mempunyai kromosom XX.

Dengan demikian jumlah kromosom pada insan yaitu 23 pasang atau 46 buah. Kromosom pria ditulis 44AA + XY, sedangkan kromosom perempuan ditulis 44AA + XX.