Pengertian Kebutuhan Dan Macam-Macam Jenis Kebutuhan Insan Beserta Contohnya

Berikut ini yaitu pembahasan ihwal kebutuhan insan yang mencakup pengertian kebutuhan, macam macam kebutuhan, jenis jenis kebutuhan, rujukan kebutuhan, macam macam kebutuhan manusia, jenis jenis kebutuhan manusia, kebutuhan berdasarkan intensitasnya.

Pengertian Kebutuhan

Sebelum lebih jauh membahas ihwal macam-macam jenis kebutuhan dan contohnya, kita harus mengetahui pengertian dari kebutuhan.

Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan?
Kebutuhan merupakan semua impian insan yang menuntut untuk dipenuhi, kalau tidak terpenuhi maka sanggup menjadikan masalah.

Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia

Kebutuhan insan sanggup dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok sebagai berikut.
Berikut ini yaitu pembahasan ihwal kebutuhan insan yang mencakup pengertian kebutuhan Pengertian Kebutuhan dan Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia beserta Contohnya
Gambar: Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia

A. Macam-macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan insan sanggup dikelompokkan lagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
  1. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi oleh insan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Contoh kebutuhan primer, yaitu kebutuhan akan makanan, minuman, daerah tinggal, dan pakaian.
  2. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi sehabis kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder, yaitu barang-barang elektronik.
  3. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan sehabis kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. Contoh kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan akan barang-barang mewah, ibarat kendaraan beroda empat glamor dan komplemen yang mahal.

B. Macam-macam Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan kini dan kebutuhan masa datang.
  1. Kebutuhan kini merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak sanggup ditunda. Contohnya, minum bagi orang yang haus dan makan bagi orang yang lapar.
  2. Kebutuhan masa datang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada masa yang akan datang. Contohnya, kabutuhan daerah tinggal sendiri untuk anak remaja.

C. Macam-macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan insan dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  1. Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang bersifat fisik dan materi. Contohnya, kebutuhan akan makanan, minum, dan olahraga.
  2. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang bersahabat hubungannya dengan rohani dan hanya sanggup dirasakan oleh jiwa manusia. Contohnya, kebutuhan akan keagamaan, rekreasi, pendidikan, dan hiburan.

Baca juga: Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas