Pengertian Kerjasama Dan Macam-Macam Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya

Berikut ini ialah pembahasan perihal kerjasama yang mencakup pengertian kerjasama, macam macam kerjasama, referensi kerjasama, bentuk bentuk kerjasama, definisi kerjasama.

Pengertian Kerjasama (Cooperation)

Kerja sama yaitu suatu bentuk perjuangan bersama antara beberapa orang atau antarbeberapa forum tertentu untuk mencapai suatu tujuan bersama. 
Adanya kepentingan dan tujuan yang sama akan menjadi dasar lahirnya kolaborasi antara seseorang dan yang lainnya atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Kerja sama juga sanggup didorong oleh adanya serangkaian kewajiban yang ditugaskan untuk dilaksanakan secara bersama.

Misalnya, kiprah yang diberikan oleh guru kepada muridnya yang harus dikerjakan secara kelompok, atau seorang pemimpin perusahaan yang memperlihatkan kiprah kepada stafnya untuk menjadi tim audit keuangan. Hal tersebut sanggup mendorong lahirnya kerja sama.

Dalam kehidupan bermasyarakat dikenal gotong royong. Hal tersebut merupakan suatu bentuk kolaborasi yang didorong oleh rasa solidaritas. Dalam sebuah perusahaan, kolaborasi juga terlahir alasannya adanya sejumlah sasaran yang ditetapkan oleh perusahaan untuk memperoleh laba yang lebih besar dari sebelumnya.

Kerja sama semacam itu biasanya tampak juga dalam sebuah tim sepak bola. Untuk mengejar sasaran kemenangan yang besar, biasanya sesama pemain berupaya melaksanakan kolaborasi sehingga sasaran yang ditetapkan tercapai.

Macam-macam Kerjasama

Dilihat dari alasan yang mendasari lahirnya kerja sama, kolaborasi sanggup dibedakan menjadi dua berikut ini.
  1. Kerja sama impulsif (Spontaneous Cooperation) yaitu bentuk kolaborasi atas dasar spontanitas, contohnya alasannya ada seseorang yang meninggal di suatu daerah, maka secara impulsif masyarakat di sekitar kawasan tersebut bekerja sama untuk membantu keluarga yang anggotanya meninggal dalam proses penguburan mayat.
  2. Kerja sama eksklusif (Directed Coopration) yaitu bentuk kolaborasi sebagai reaksi atas adanya instruksi dari atasan, contohnya Tentara Nasional Indonesia masuk desa yang saling bekerja sama dalam membantu rakyat di pedesaan dalam membangun desanya.

Bentuk-bentuk Kerjasama

Adapun bentuk kolaborasi jikalau dilihat dari motif pelaksanaannya sanggup dikelompokkan menjadi lima bentuk sebagai berikut.
  1. Kerukunan (Harmony), kolaborasi semacam ini terwujud dalam bersama-sama dan tolong-menolong, contohnya aktivitas jumat higienis atau kolaborasi kelompok masyarakat dalam menguburkan salah seorang dari anggota keluarga yang meninggal.
  2. Kooptasi (Cooptation), yaitu proses penerimaan unsur-unsur gres oleh pemimpin sebuah organisasi yang ditujukan dalam rangka mencegah terjadinya gangguan atau keguncangan dalam organisasi tersebut.
  3. Joint Venture yaitu bentuk kolaborasi beberapa perusahaan dalam menyebarkan bidang perjuangan tertentu. Satu sebagai pemodal dan pihak lainya mengelola perjuangan atau proyek tertentu.
  4. Bargaining yaitu kolaborasi pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau dua negara, contohnya kolaborasi JICA (Japan Indonesian Corporation Agencies) dengan beberapa akademi tinggi di Indonesia untuk menyebarkan sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Koalisi (Coalition), yaitu kolaborasi antara dua pihak yang mempunyai kepentingan atau tujuan yang sama, contohnya koalisi yang dibuat oleh beberapa partai politik dalam mengusung calon Bupati/Wali Kota dalam proses PILKADA.

Baca juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial