Pengertian Penyimpangan Sosial Serta Penyebab Penyimpangan Sosial Dalam Keluarga Dan Masyarakat

Berikut ini ialah pembahasan perihal penyimpangan sosial yang mencakup pengertian penyimpangan sosial, macam macam penyimpangan sosial dalam keluarga, macam macam penyimpangan sosial dalam masyarakat, bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga, bentuk penyimpangan sosial dalam masyarakat, pola penyimpangan sosial dalam keluarga, pola penyimpangan sosial dalam masyarakat, jenis jenis penyimpangan sosial, lantaran penyimpangan sosial dalam keluarga, lantaran penyimpangan sosial, penyebab penyimpangan sosial, penyebab penyimpangan sosial dalam keluarga, penyebab penyimpangan sosial dalam masyarakat.

Pengertian Penyimpangan Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karenanya, insan hidup berkelompok. Hidup berkelompok dimaksudkan sebagai upaya mempertahankan kelangsungan hidup, menyerupai bekerja, mengatasi ancaman, mencari nafkah, gangguan, dan melanjutkan keturunan.

Dalam mempertahankan hidup, kelompok insan tinggal menetap pada suatu daerah tertentu. Kumpulan kelompok-kelompok insan itu lalu dikenal dengan istilah masyarakat.

Dalam praktiknya, kumpulan kelompok-kelompok masyarakat tersebut menyepakati bersama perihal aturan, norma, budaya, dan kesusilaan. Aturan yang dibentuk itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan rasa aman, nyaman, dan tenteram.

Meskipun demikian, di antara anggota masyarakat ada yang tidak mengindahkan aturan, norma, budaya, dan kesusilaan sehingga menjadikan keresahan.

Melanggar aturan, norma, atau budaya yang telah disepakati bersama merupakan penyimpangan sosial.
Penyimpangan sosial ialah sikap atau perbuatan individu yang tidak sesuai dengan norma. Penyimpangan sosial merupakan hasil dari proses sosialisasi yang tidak sempurna.
 Ada seseorang yang bisa melaksanakan proses sosialisasi dengan baik, dan ada pula yang tidak sanggup melaksanakan proses sosialisasi dengan baik.
Berikut ini ialah pembahasan perihal penyimpangan sosial yang mencakup pengertian penyimp Pengertian Penyimpangan Sosial serta Penyebab Penyimpangan Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat
Gambar: Contoh Penyimpangan Sosial

Penyebab Penyimpangan Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat

Penyimpangan sosial sering dikenal dengan istilah penyakit masyarakat. Dikatakan demikian lantaran sikap menyimpang itu sangat meresahkan masyarakat.

Jika kau menelusuri sebab-sebab munculnya penyimpangan sosial, cenderung berawal dari kondisi keluarga menyerupai berikut ini.

1. Kekerasan dalam Keluarga

Kekerasan yang diterima anak dalam keluarga akan menjadikan goncangan dan tekanan jiwa. Kondisi ini akan menimbulkan penyimpangan pada jiwa anak. Misalnya, anak menjadi pendiam, pemberontak, tidak mau diatur, dan sebagainya.

2. Perceraian dan Perselisihan Keluarga

Perceraian keluarga menimbulkan anak menjadi frustasi. Dampaknya anak menjadi antipati. Menurut sumber penelitian, pada umumnya banyak bawah umur bandel berasal dari keluarga yang mengalami perceraian dan perselisihan.

3. Pemanjaan Anak

Mendidik anak dengan pola pemanjaan sangatlah tidak baik. Kondisi itu akan menimbulkan anak menjadi ketergantungan dan tidak mandiri.

4. Rendahnya Wawasan Keluarga

Tingkat pendidikan dan efek orang bau tanah sangat berperan dalam membentuk pribadi anak. Itulah sebabnya, potensi anak bisa berkembang atau sebaliknya tergantung pada pola asuh yang dilakukan orang bau tanah kepada anaknya.

5. Menelantarkan Anak

Membangun jiwa dan kepribadian anak secara positif, tidak terlepas dari kasih sayang orang tua. Menelantarkan anak, baik secara fisik, materi, maupun psikis akan berdampak jelek bagi perkembangan anak.

6. Percekcokan atau Ketidakharmonisan Ayah Ibu

Terjadinya percekcokan antara ayah dan ibu di depan anak akan menimbulkan gangguan pada cara berpikir anak. Jika hal tersebut sering terjadi akan mendorong penyimpangan tingkah laris pada diri anak.

Baca juga: Bentuk Penyimpangan Sosial