Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang mencakup pengertian pertumbuhan, pengertian perkembangan, pola pertumbuhan, pola perkembangan.

Pengertian Pertumbuhan

Lima tahun yang kemudian tentunya kau belum sebesar dan setinggi sekarang. Tubuhmu secara sedikit demi sedikit bertambah tinggi dan besar. Setelah mencapai ukuran menyerupai sekarang, tubuhmu tidak akan menjadi kecil menyerupai waktu kanak-kanak, meskipun mungkin kau menginginkannya.
Dikatakan bahwa perubahan ukuran tubuh bersifat ireversibel (tidak sanggup kembali menyerupai semula). Bertambahnya ukuran tubuh inilah yang disebut dengan pertumbuhan
Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, bila diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan ketika ini.
Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak sanggup kembali ke asal (irreversibel), yang mencakup pertambahan volume dam pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi lantaran pertambahan jumlah sel. 

Contoh Pertumbuhan

Contohnya bayi yang gres lahir ukurannya + 45 cm dengan berat tubuh + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi tubuh sanggup mencapai lebih dari 150 cm dan berat tubuh lebih dari 30 kg.

Ukuran tubuh mencakup tinggi, berat, dan volume. Pertumbuhan pada makhluk bersel satu ditandai dengan bertambahnya ukuran sel. Sedangkan pada makhluk bersel banyak, pertumbuhan ditandai dengan bertambahnya ukuran dan jumlah sel.

Pertumbuhan pada insan dan binatang ada batasnya. Setelah mencapai usia tertentu, insan dan binatang tidak tumbuh lagi. Sedangkan tumbuhan hampir selalu tumbuh sepanjang hidupnya.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang m Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan beserta Contohnya
Gambar: Pertumbuhan anak menjadi dewasa

Pengertian Perkembangan

Pertumbuhan diikuti dengan proses perkembangan, yaitu proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan atau kesempurnaan. 
Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada tingkat seluler, perkembangan sanggup berupa diferensiasi sel-sel yang gres membelah membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. 
Pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedang pada binatang dan insan ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan.

Contoh perkembangan

Contoh perkembangan ialah perubahan susunan dan fungsi organ-organ tubuh.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Makara proses pertumbuhan dan perkembangan tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lain.